Rodja Peduli

Kaidah Fiqih - Mandzuumah Ushuulil Fiqhi wa Qawaa'idihi

Kaidah Fiqih: Bukti atas Orang yang Menuntut dan Sumpah atas Orang yang Mengingkarinya – Bait 72 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 10:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 06 Desember 2013 pukul 1:11 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=4504

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Silakan download kembali, kajian kaidah dan ushul fiqih bersama Ustadz Kurnaedi, yang pada file MP3 kajian ini adalah rekaman dari siaran yang live pada Kamis pagi, 10 Muharram 1435 / 14 November 2013, pukul 09:00-10:30 WIB. Dengan melompati beberapa bait dari pembahasaan terakhir bait ke-66, kini kita akan menyimak / mempelajari bersama bait ke-72, tentang “Bukti atas Orang yang Menuntut dan Sumpah atas Orang yang Mengingkarinya“.

[sc:status-kaidah-fiqih-ustadz-kurnaedi-2013]

Ringkasan Kajian Kaidah Fiqih

Bait ke-72: Bukti atas Orang yang Menuntut dan Sumpah atas Orang yang Mengingkarinya (بَيِّنةً أَلْزِمْ لكلِّ مُدَّعِ ومنكراً أَلْزِمْ يميناً تُطِعِ)

قوله: (بيِّنة) : مفعول لـ (أ لزم) : يعني ألزم كل مدع البينة ليحكم له بما ادعاه، (ومنكراً ألزم يميناً) يعني ألزم المنكر اليمين على ما أنكر (تطع) أي تطع النبي صلّى الله عليه وسلّم في قوله: «البينة على المدّعي واليمين على من أنكر».

Kata beliau, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, bahwa keterangan / bukti diwajibkan bagi setiap orang yang mengklaim, sedangkan orang yang mengingkari hendaknya dituntut dengan sumpah.

Baca Juga:
Hukum Asal dalam Ibadah Itu Larangan - Ushul Fiqih

Bait ke-66 ini didasari dari hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لو يعطى الناس بدعواهم ، لادعى رجال أموال قوم ودماءهم لكن البينة على المدعي واليمين على من أنكر

“Seandainya tiap manusia dipenuhi dakwaan mereka, maka nanti ada orang-orang yang mengklaim / menuntut harta atau darah suatu kaum. Tetapi, hendaknya bukti diberikan / ditunjukkan atas orang yang mengklaim dan sumpah atas orang yang mengingkari.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqi)

Simak kelanjutannya, silakan download langsung kajian ushul dan kaidah fiqih ini.

Download Kajian Kaidah Fiqih, Kitab Mandzumah Ushul Al-Fiqh wa Qawa’idihi

Download sekarang juga, dan mari bagi-bagikan MP3 kajian ini kepada saudara-saudara kita. Silakan gunakan menu sosial media yang telah disediakan untuk berbagi secara online. Jazakumullahu khoiron.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.