Masjid Al-Barkah

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Penegasan Kewajiban Zakat dan Penjelasan Keutamaan Zakat dan Beberapa Perkara yang Berhubungan dengannya – Bab 216 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 06 Desember 2018 pukul 5:29 am

Tautan: https://rodja.id/26q

Ceramah agama tentang kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Anas Burhanuddin, M.A.

Mari kita simak kembali, ceramah agama dari pembahasan kitab Riyadhush Shalihin, di mana rekaman MP3 ini adalah yang pernah live pada Senin sore, 4 Rabi’ul Awwal 1435 / 6 Januari 2014, pukul 17:00-18:00 WIB. Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah setelah menyelesaikan pembahasan bab ke-215, maka pada kajian kali kini Syaikh menjelaskan bab ke-216, yaitu tentang “Penegasan Kewajiban Zakat dan Penjelasan Keutamaan Zakat dan Beberapa Perkara yang Berhubungan dengannya“. Silakan simak kajiannya, download dan bagikan kajiannya kepada saudara-saudara kita.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Fadhilah / Keutamaan Amal (كتَاب الفَضَائِل

Bab ke-216: Bab Penegasan Kewajiban Zakat dan Penjelasan Keutamaan Zakat dan Beberapa Perkara yang Berhubungan dengannya (باب تأكيد وجوب الزكاة وبيان فضلها وَمَا يتعلق بِهَا)

Allah Ta’ala berfirman:

وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ … (البقرة: ٤٣)

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat …” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 43)

Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ (البينة: ٥)

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat. dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (Q.S. Al-Bayyinah [98]: 5)

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا … (التوبة: ١٠٣)

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka …” (Q.S. At-Taubah [9]: 103)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ، وَأنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، وَإقَامِ الصَّلاَةِ، وَإيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam itu dibangun di atas 5 perkara: 1.) Syahadat / bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali hanya Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan RasulNya; 2.) menegakkan shalat; 3.) menunaikan zakat; 4.) haji ke Baitullah; dan 5.) puasa pada bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Simak penuturan lengkap dari Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah dalam ceramah pembahasan tentang zakat dan keutamaan zakat dari kitab Riyadhush Shalihin, karya Al-Imam An-Nawawi Asy-Syafi’i rahimahullahu Ta’ala rahmatan wasi’ah.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 216 – Penegasan Kewajiban Zakat dan Penjelasan Keutamaan Zakat dan Beberapa Perkara yang Berhubungan dengannya

Ayo bagikan tautan kajian kitab Riyadhush Shalihin ini ke akun Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Jazakumullahu khoiron.

1 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.