Telegram Rodja Official

Risalah Penting Untuk Muslimah

Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga

By  |  pukul 7:58 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 14 Oktober 2020 pukul 5:57 am

Tautan: https://rodja.id/2tb

Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Risalah Penting Untuk Muslimah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr Hafidzahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 19 Shafar 1442 H / 07 Oktober 2020 M.

Kajian sebelumnya: Hadits Tentang Muslimah

Kajian Islam Tentang Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah menyebutkan kenapa perempuan dikatakan sebagai penghuni neraka yang terbanyak dan sebagai penghuni surga yang paling sedikit dan dibandingkan laki-laki bagaimana?

Kita sudah sebutkan pada pertemuan sebelumnya bahwa para tabi’in bertanya kepada Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, apakah para perempuan di surga lebih banyak dibandingkan laki-laki, berdasarkan hadits Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam riwayat Imam Muslim:

لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ

“Bahwa setiap laki-laki yang masuk ke dalam surga, maka mereka mempunyai dua istri.” (HR. Muslim)

Hadits ini sangat jelas menunjukkan bahwasanya para perempuan jumlahnya lebih banyak dibandingkan para lelaki.

Kemudian ada yang mengatakan bahwasanya para lelaki lebih banyak dibandingkan para perempuan berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

رَأَيْتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1035-1037 - TPP: Di Antara Sebab-Sebab Ampunan Allah, Penjelasan tentang Wala wal Bara', hingga Anjuran untuk Mendekati Pemimpin Masyarakat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Bahwasanya mereka adalah penghuni neraka yang paling banyak.” (HR. Muslim)

Jadi di sini ada yang berpendapat bahwa para perempuan paling banyak di dalam surga. Dan pendapat yang kedua bahwa para perempuan paling banyak di dalam neraka. Maka bagaimana menggabungkan dua ini? Yaitu sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani Rahimahullah bahwa tidak harus jika perempuan adalah penghuni neraka paling banyak maka menjadi penghuni surga paling sedikit. Karena perempuan lebih banyak penciptaannya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dibandingkan para lelaki.

Kemudian bisa juga dijawab bahwa hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anha yang menunjukkan bahwa perempuan di dalam surga lebih banyak, baik itu perempuan-perempuan dunia ataupun perempuan-perempuan bidadari.

Yang jadi pertanyaan di sini adalah mana yang lebih banyak di dalam surga, laki-laki dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga atau perempuan dari penghuni dunia yang masuk ke dalam surga? Maka Imam Al-Qurthubi Rahimahullahu Ta’ala telah menggabungkan dua dalil ini. Beliau mengatakan bahwasanya perempuan lebih banyak masuk ke dalam neraka sebelum terjadinya syafa’at dan sebelum keluarnya ahli-ahli tauhid dari api neraka. Jika kemudian mereka keluar berdasarkan syafaat dan juga berdasarkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka akhirnya perempuan tersebut menjadi penghuni  surga yang terbanyak. Wallahu a’lam..

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini..

Baca Juga:
Orang-Orang Yang Paling Merugi Amalnya - Khutbah Jum'at

Download mp3 Kajian Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 ÷ = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.