Telegram Rodja Official

Risalah Penting Untuk Muslimah

Pakaian Adalah Nikmat Dari Allah

By  |  pukul 1:47 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 19 Oktober 2020 pukul 5:41 am

Tautan: https://rodja.id/2tq

Pakaian Adalah Nikmat Dari Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Risalah Penting Untuk Muslimah, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr Hafidzahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 26 Shafar 1442 H / 14 Oktober 2020 M.

Kajian sebelumnya: Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga

Kajian Islam Tentang Pakaian Adalah Nikmat Dari Allah

Sesungguhnya mengingat nikmat adalah penyebab bersyukur terhadap yang memberi nikmat, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Jadi kalau orang mengingat-ingat nikmat, maka dia niscaya bisa bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini disebutkan oleh Allah di dalam Al-Qur’an:

وَآتَاكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُ ۚ وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ الْإِنسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ ﴿٣٤﴾

Dan dia telah memberikan kepadamu keperluan dari segala apa yang engkau minta kepadaNya. Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, niscaya kamu tidak akan bisa menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu sangat dzalim dan sangat mengingkari nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (QS. Ibrahim[14]: 34)

Di dalam tafsir Ibnu Katsir, bahwa sebagian ulama salaf berkata bahkan apa yang kalian tidak minta diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ayat ini memberikan isyarat kepada kita bahwa mengingat-ingat memberi petunjuk kepada kita agar kita bersyukur kepada sang pemberi nikmat, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Aqidah Ahlussunnah Tentang Dua Tangan Allah - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Kemudian di dalam surah An-Nahl ayat 18, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّـهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّـهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ ﴿١٨﴾

Jika kalian menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kalian tidak akan bisa menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nahl[16]: 18)

Intinya adalah sebagaimana disebutkan oleh penulis bahwa mengingat nikmat adalah penyebab agar bisa bersyukur terhadap Dzat yang memberi nikmat. Dan bersyukur adalah sebab untuk tambahan nikmat. Artinya ada tiga tahapan yang senantiasa selalu berkaitan satu dengan yang lainnya. Yaitu:

  1. mengingat nikmat,
  2. bersyukur,
  3. tambahan nikmat.

Tiga hal ini selalu berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Siapa yang ingin bersyukur hendaklah dia mengingat nikmat, siapa yang ingin tambah nikmat hendaknya dia bersyukur. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ ﴿٧﴾

Dan ingatlah ketika Rabbmu memberitahukan kepadamu: ‘Jika kalian bersyukur, sungguh Aku akan benar tambahkan (nikmat) kepadamu. Dan jika kalian kufur, sesungguhnya siksaKu sangatlah pedih.’” (QS. Ibrahim[14]: 17)

Dan sesungguhnya Allah memberikan kepada kita bermacam-macam nikmat dan salah satu nikmat yang sangat besar adalah pakaian bermacam-macam pula. Maka dia adalah nikmat yang besar dan dia adalah pemberian yang agung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh sebab itulah Allah menyebut nikmat pakaian ini dalam sejumlah nikmat-nikmat yang besar dalam surat An-Nahl yang dikenal oleh para ulama dengan surat An-Ni’am (nikmat-nikmat). Hal ini karena saking banyaknya apa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala sebutkan di dalam surah An-Nahl tersebut berupa nikmat-nikmat yang Allah berikan kepada hamba-hambaNya yang mana di akhir surat An-Nahl Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Landasan Utama Dari Penghambaan Diri Kepada Allah

وَاللَّـهُ جَعَلَ لَكُم مِّن بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُم مِّن جُلُودِ الْأَنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَىٰ حِينٍ ﴿٨٠﴾

Dan Allah menjadikan bagi kalian rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kalian rumah-rumah dari kulit binatang ternak yang kalian merasa ringan membawanya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan dijadikan-Nya pula dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan yang kamu pakai sampai waktu tertentu.” (QS. An-Nahl[16]: 80)

وَاللَّـهُ جَعَلَ لَكُم مِّمَّا خَلَقَ ظِلَالًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُم بَأْسَكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ ﴿٨١﴾

Dan Allah menjadikan bagi kalian tempat bernaung dari apa yang Dia telah ciptakan, dan Dia jadikan bagi kalian tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagi kalian pakaian yang memelihara kalian dari panas dan baju besi yang memelihara kalian dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmatNya atas kalian agar kalian berserah diri kepadaNya.” (QS. An-Nahl[16]: 81)

فَإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْكَ الْبَلَاغُ الْمُبِينُ ﴿٨٢﴾

Jika mereka tetap berpaling, maka sesungguhnya kewajiban yang dibebankan atasmu Wahai Muhammad hanyalah menyampaikan amanat Allah dengan jelas.” (QS. An-Nahl[16]: 82)

Baca Juga:
Muhasabah dan Taubat - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

يَعْرِفُونَ نِعْمَتَ اللَّـهِ ثُمَّ يُنكِرُونَهَا وَأَكْثَرُهُمُ الْكَافِرُونَ ﴿٨٣﴾

Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir.” (QS. An-Nahl[16]: 83)

Ayat ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan nikmat-nikmatNya atas hamba-hambaNya, yaitu menjadikan bagi mereka pakaian atau yang semisalnya yang terbuat dari kain katun atau yang terbuat dari bulu-bulu domba yang dengannya menahan rasa panas dan rasa dingin, dan yang dengannya seseorang berpenampilan yang baik, dan dengannya seseorang menutup auratnya.

Jadi intinya di sini bahwa pakaian itu nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka tidak diragukan lagi bahwa pakaian adalah nikmat agung dan pemberian yang besar dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, wajib atas hamba Allah yang beriman untuk menegakkan kesyukuran atas nikmat pakaian ini. Dan hendaklah dia menggunakan pakaian tersebut dalam ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan menggapai ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala serta hal apa saja yang mendekatkan kepadaNya. Dan hendaklah seorang muslim dan mukmin menjauhi sebenar-benar penjauhan dari menyelisihi perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam perkara pakaian, baik itu dalam sifatnya, macamnya, syarat-syaratnya, batasan-batasannya, adab-adabnya, yang telah ditentukan oleh syariat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian Risalah Penting Untuk Muslimah

Baca Juga:
Serah Terima Barang Yang Dijual - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama “Jumlah Laki-Laki dan Perempuan Di Surga” ini melalui jejaring sosial facebook, twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Lihat juga rekaman lainnya: 

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.