Rodja Peduli

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Semua Sifat Terpuji adalah Buah dari Ilmu

By  |  pukul 9:55 am

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 9:46 am

Tautan: https://rodja.id/308

Semua Sifat Terpuji adalah Buah dari Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 4 Sya’ban 1442 H / 18 Maret 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Semua Sifat Terpuji adalah Buah dari Ilmu

Kita berada pada pembahasan segi ke-77 tentang keutamaan dan kemuliaan ilmu, yaitu semua sifat yang dipuji di dalam Islam adalah hasil dari ilmu.

Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata:

كلُّ صفةٍ مدَحَ اللهُ بها العبدَ في القرآن فهي ثمرةُ العلمِ ونتيجتُه

“Semua sifat mulia yang dipuji oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala bagi seorang hamba di dalam Al-Qur’an adalah buah dan hasil dari ilmu.”

Sebaliknya,

وكلُّ ذمٍّ ذمّه فهو ثمرةُ الجهلِ ونتيجتُه

“Semua sifat tercela yang dicela di dalam Al-Qur’an adalah buah dan hasil dari kejahilan.”

Ini kesimpulan yang pantas untuk kita tulis dengan tinta emas. Kejahilan adalah sumber malapetaka sebagaimana ilmu dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah sumber dari segala keutamaan dan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji hamba dengan iman. Ayat-ayat Al-Qur’an yang memberikan pujian terhadap orang yang memiliki keimanan sangat banyak. Iman itu adalah puncak dari ilmu dan inti daripada ilmu. Keimanan -dengan taufik dari Allah- tidak akan bisa dibangun kecuali dengan pemahaman ilmu agama yang benar, dengan membaca Al-Qur’an dan merenungkan isinya yang merupakan sumber utama ilmu yang bermanfaat, demikian pula dengan memahami hadits-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga:
Ancaman Bagi Orang Yang Tertipu Dengan Dunia

Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji hamba di dalam Al-Qur’an dengan amalan shalih yang amalan shalih adalah buah dari ilmu yang bermanfaat.

Juga sifat-sifat utama yang dipuji di dalam Al-Qur’an, seperti Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji seorang hamba dengan banyak bersyukur, bersabar, bersegera dalam kebaikan, mencintai Allah, takut kepada Allah, berharap, selalu kembali kepada Allah, penyantun, tenang, berakal, terjaga kehormatan, dermawan, mendahulukan saudaranya dibandingkan dirinya sendiri, menasihati, kasih sayang, selalu merendahkan diri, mudah memaafkan, mengampuni orang yang berubat keburukan pada dirinya, selalu mencurahkan kebaikan kepada semua manusia, menolak keburukan dengan kebaikan, beramar ma’ruf nahi munkar, ridha dengan ketentuan Allah, lemah lembut terhadap wali-wali Allah dan keras kepada musuh-musuhnya, jujur, berpaling dari orang-orang dzalim, mudah menerima nasihat, sifat yakin, tawakal, selalu menyambung hubungan, selalu bersifat adil dalam ucapan/perbuatan dan akhlak, kuat dalam menjalankan perintah Allah, memiliki ilmu yang dalam tentang agama Allah, menegakkan hak Allah dan mengeluarkan dari orang yang tidak mau menunaikannya, mengajak manusia kepada ke jalan Allah, memperingatkan dari jalan orang-orang yang sesat, menjelaskan jalan-jalan yang menyimpang dan keadaan orang yang menempuhnya, saling mewasiati dalam kebenaran dan kesabaran, selalu menganjurkan untuk memberi makan orang miskin, berbuat baik kepada kedua orang tua, menyambung hubungan terhadap kerabat, menyampaikan salam terhadap semua orang beriman.

Baca Juga:
Macam-Macam Hakikat

Ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang memuji sifat-sifat ini ternyata semua adalah buah daripada ilmu. Subhanallah..

Demikian pula semua akhlak-akhlak terpuji lainnya dan perbuatan-perbuatan yang diridhai oleh Allah dan Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah di dalam Al-Qur’an untuk menjelaskan keagungan akhlak-akhlak mulia yang dipuji dalam Al-Qur’an ini. Seperti yang Allah sebutkan di dalam firmanNya:

ن ۚ وَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُونَ ﴿١﴾ مَا أَنتَ بِنِعْمَةِ رَبِّكَ بِمَجْنُونٍ ﴿٢﴾ وَإِنَّ لَكَ لَأَجْرًا غَيْرَ مَمْنُونٍ ﴿٣﴾ وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ ﴿٤﴾

Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis. Dengan nikmat Allah, bukankah engkau (wahai Rasulullah) orang yang gila. Dan sesungguhnya engkau akan mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus. Dan sesungguhnya engkau benar-benar di atas akhlak budi pekerti yang agung.” (QS. Al-Qalam[68]: 1-4)

‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha ketika ditanya tentang akhlaknya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata: “Akhlak Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah Al-Qur’an.”

Al-Qur’an adalah sumber ilmu yang bermanfaat, dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah orang yang paling kuat dalam menegakkan kebaikan yang diambil dari Al-Qur’an. Maka akhlak yang disebut sebagai akhlak yang agung di dalam Al-Qur’an ini, inilah yang merupakan buah dari pohon ilmu.

Ilmu ibaratnya adalah pohon yang buah utamanya adalah akhlak yang mulia sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala puji hambaNya yang paling berilmu, yaitu Nabi kita yang mulia Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga:
Setiap Kebaikan Adalah Sedekah

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian Tentang Semua Sifat Terpuji adalah Buah dari Ilmu

Mari turut membagikan link download kajian “Semua Sifat Terpuji adalah Buah dari Ilmu” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.