Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Merendahkan Diri Ketika Menuntut Ilmu

By  |  pukul 2:18 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 11 Agustus 2022 pukul 9:13 am

Tautan: https://rodja.id/3j9

Merendahkan Diri Ketika Menuntut Ilmu adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 6 Muharram 1444 H / 4 Agustus 2022 M.

Kajian sebelumnya: Ilmu Adalah Perbendaraan Yang Sangat Berharga

Ceramah Agama Islam Tentang Merendahkan Diri Ketika Menuntut Ilmu

Salah satu di antara keutamaan dan kemuliaan ilmu adalah justru dalam ilmu orang yang banyak bertanya dipuji dan ini termasuk sifat yang menjadikan orang semakin banyak mendapatkan ilmu.

Ibnul Qayyim Rahimahullah menjelaskan bahwa banyak dari tingkah laku yang tidak terpuji pada diri seseorang bahkan dicela jika seorang memiliki akhlak ini, justru dalam menuntut ilmu akhlak ini dipuji bahkan termasuk yang diutamakan. Contohnya meminta dengan sangat, tidak merasa malu, merendahkan diri, dan berbolak-balik datang ke pintu para ulama untuk menimba ilmunya dan yang semisal itu.

Sampai sebagian dari para ulama Salaf kita tahu ketika menunggu seorang ulama agar dia tidak mengganggu juga istirahatnya orang yang berilmu ini karena dia punya hajat menanyakan satu masalah agama, mereka datang ke pintunya dan tidur di depan pintunya sampai dia keluar kemudian dia tanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan urusan agamanya. Tingkah laku ini dicela kalau untuk urusan dunia, tapi dalam ilmu ini malah dipuji.

Baca Juga:
Interaksi Anak-Anak dengan Internet

Ada nukilan riwayat dari salah seorang ulama Salaf yang mengatakan: “Tidaklah membujuk-bujuk itu termasuk akhlaknya orang yang beriman kecuali dalam menuntut ilmu.”

Jika kita menuntut ilmu maka kita harus mendatangi orang yang berilmu dan bertanya. Kalau perlu kita desak dia untuk menyampaikan ilmu kepada kita. Hal ini untuk urusan dunia dicela, tapi untuk thalabul ilmi ini dipuji.

Sahabat yang mulia Abdullah Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma berkata:

ذللت طالبا فعززت مطلوبا

“Aku merendahkan diri ketika menuntut ilmu, maka setelah itu aku menjadi mulia dan ilmu dituntut dariku.”

Merendahkan diri ini adalah perkara yang mungkin dicela di kalangan sebagian manusia, tapi untuk menuntut ilmu ini dipuji, bahkan dengan sebab ini para ulama kemudian mendapatkan kemuliaan di kalangan manusia setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala memuliakan mereka dengan ilmu agama.

Dalam riwayat lain sahabat yang mulia ini berkata: “Aku mendapati mayoritas ilmu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ada pada orang-orang yang tinggal di perkampungan Anshar ini. Sungguh aku terkadang sampai beristirahat atau tidur siang di depan pintu salah seorang di antara mereka (untuk menunggu ketika dia keluar baru bertanya). Kalau saya inginkan mereka akan izinkan saya menemui mereka, akan tetapi saya menginginkan dengan perbuatanku ini supaya mereka tenang jiwanya.”

Ini juga menunjukkan kepada kita bahwa perbuatan ini tetap merupakan perbuatan yang terpuji di kalangan penuntut ilmu ketika mereka bersungguh-sungguh sampai menunggu seorang yang berilmu dengan tidur di depan pintunya.

Baca Juga:
Keistimewaan Surah Al-Fatihah Al-Ikhlas Al-Falaq dan An-Nas

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Merendahkan Diri Ketika Menuntut Ilmu” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.