Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Pelajaran Bagi Yang Memiliki Hati

By  |  pukul 2:58 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 16 Agustus 2022 pukul 9:05 am

Tautan: https://rodja.id/3je

Pelajaran Bagi Yang Memiliki Hati adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 13 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022 M.

Kajian sebelumnya: Merendahkan Diri Ketika Menuntut Ilmu

Ceramah Agama Islam Tentang Pelajaran Bagi Yang Memiliki Hati

Kita masih pada pembahasan tentang keutamaan bertanya dan mendengarkan ilmu. Di sini Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala membawakan ayat Al-Qur’an yang mengulas permasalahan ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَذِكْرَىٰ لِمَنْ كَانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ

“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan/pelajaran bagi orang-orang yang memiliki hati atau yang mengkonsentrasikan pendengarannya dalam keadaan dia tidak lalai.” (QS. Qaf[50]: 37)

Ini ayat Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa agar kita bisa mengambil manfaat dari ilmu, maka ada hal-hal yang kita harus persiapkan.

Perhatikanlah kandungan yang terdapat pada ayat ini berupa perbendaharaan ilmu dan bagaimana memperhatikan masalah ini akan membuka pintu-pintu sehingga bisa mengambil petunjuk dari ilmu dan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala dan RasulNya. Sebaliknya pintu ilmu akan tertutup ketika seorang hamba melalaikan hal ini dan tidak memberikan perhatian kepadanya.

Baca Juga:
Hukum Wasiat

Pada ayat ini yang pertama Allah menyebutkan tentang ayat-ayatNya. Ini akan bisa menjadi peringatan bagi orang yang punya hati. Artinya tidak semua orang bisa mengambil pelajaran darinya. Makanya tidak semua orang yang mendengarkan atau mengamati ayat Allah di alam semesta akan bisa menjadikannya sebagai peringatan atau pelajaran untuk menjadikan imannya semakin kuat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sesungguhnya orang yang tidak memiliki hati maka tidak akan bermanfaat baginya semua ayat yang dilaluinya meskipun semua tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dilaluinya.

Oleh karena itu hati jika telah tertutup, maka semua kebaikan-kebaikan tidak akan bisa menjadi pelajaran bagi orang yang seperti itu keadaannya. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an tentang orang-orang munafik yang hati mereka tertutup:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

“Apakah mereka tidak merenungkan Al-Qur’an atau memang hati-hati mereka yang telah tertutup?” (QS. Muhammad[47]: 24)

Ayat-ayat yang dilalui manusia (baik itu ayat-ayat Al-Qur’an ataupun tanda-tanda kekuasaan Allah di alam semsta) ketika dilalui oleh seorang hamba, ini perumpamaannya seperti matahari atau rembulan ataupun bintang-bintang yang melewati orang yang tidak bisa melihat. Jika seorang hamba benar-benar punya hati yang hidup, ini seperti orang yang bisa melihat ketika lewat dihadapannya makhluk-makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala yang besar tersebut, maka dia bisa menyaksikannya.

Baca Juga:
Keutamaan Ilmu dan Penuntut Ilmu (Ustadz Fachrudin Nu'man, Lc.)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Pelajaran Bagi Yang Memiliki Hati” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.