Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Ilmu Merupakan Kemuliaan Bagi Orang Yang Mempelajarinya

By  |  pukul 9:50 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 15 September 2022 pukul 10:26 am

Tautan: https://rodja.id/3kc

Ilmu Merupakan Kemuliaan Bagi Orang Yang Mempelajarinya adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 11 Safar 1444 H / 8 September 2022 M.

Kajian sebelumnya: Jenis-Jenis Manusia dalam Menyambut Seruan Dakwah

Ceramah Agama Islam Tentang Ilmu Merupakan Kemuliaan Bagi Orang Yang Mempelajarinya

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala menjelaskan bahwa sesungguhnya seseorang hanya bisa mencapai kemuliaan dunia dan akhirat -setelah taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala- dengan sebab ilmu. Ini menunjukkan keutamaan dan kemuliaan ilmu. Dengan sebab ilmu ini seorang hamba bisa meraih kemuliaan dunia dan akhirat.

Kisah Nabi Adam

Perhatikan kejadian yang terjadi pada Nabi Adam ‘Alaihish Shalatu was Salam ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala mengistimewakannya dibandingkan para malaikat dan pengakuan dari para malaikat sendiri bagi Nabi Adam karena Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan kepadanya nama-nama semua makhluk-makhluk yang ada.

Kemudian kejadian yang terjadi pada Nabi Adam ‘Alaihish Shalatu was Salam ketika ditimpa musibah, yaitu dikeluarkan dari surga yang kemudian Allah berikan ganti yang lebih baik dibandingkan musibah tersebut. Allah mengajarkan kepadanya kalimat-kalimat yang kemudian diterima oleh Adam dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Pentingnya Memahami Lafadz dalam Al-Qur'an

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِن رَّبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ…

“Maka Nabi Adam pun menerima kalimat-kalimat dari Allah kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima taubatnya…” (QS. Al-Baqarah[2]: 37)

Ini dicapai oleh Nabi Adam dengan taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui sebab ilmu yang Allah ajarkan kepadanya.

Kisah Nabi Yusuf

Juga peristiwa yang terjadi pada Nabi Yusuf ‘Alaihish Shalatu was Salam yang dikisahkan dalam Al-Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala jadikan Dia memiliki kedudukan, keagungan dan kemuliaan (yakni dihormati manusia) ketika Allah mengajarkan kepadanya tentang pentakwilan mimpi.

Kesudahan dari perkara ini membawanya kepada kemuliaan dan akibat yang baik, keadaan yang semakin sempurna, dia dapatkan semua itu dengan sebab ilmu yang Allah ajarkan kepadanya. Sebagaimana ini yang diisyaratkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam firmanNya:

…كَذَٰلِكَ كِدْنَا لِيُوسُفَ ۖ مَا كَانَ لِيَأْخُذَ أَخَاهُ فِي دِينِ الْمَلِكِ إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ ۚ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَّن نَّشَاءُ ۗ وَفَوْقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيمٌ

“Demikianlah Kami telah mengatur untuk Yusuf cara untuk melepaskan saudaranya itu. Tidak mungkin bagi Yusuf untuk menghukum saudaranya sendiri berdasarkan aturan dari Sang Raja kecuali kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala menghendakinya. Kami mengangkat derajat-derajat orang-orang yang Kami kehendaki; dan diatas orang yang berilmu masih ada lagi yang berilmu.” (QS. Yusuf[12]: 76)

Allah Subhanahu wa Ta’ala tegaskan disini bahwa Nabi Yusuf diangkat derajatnya karena ilmu.

Baca Juga:
Makna Hijrah Kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

Disebutkan oleh sebagian ulama ahli tafsir tentang tafsir ayat ini bahwa arti ayat ini “Kami mengangkat beberapa derajat hamba-hamba yang Kami kehendaki dengan ilmu yang Kami ajarkan sebagaimana Kami angkat derajat Nabi Yusuf ‘Alaihish Shalatu was Salam diatas saudara-saudaranya dengan ilmu.”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Ilmu Merupakan Kemuliaan Bagi Orang Yang Mempelajarinya” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.