Masjid Al-Barkah

Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu

Orang Yang Mengetahui Keberadaan Hari Akhir

By  |  pukul 10:03 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 06 Februari 2023 pukul 9:13 am

Tautan: https://rodja.id/3ow

Orang Yang Mengetahui Keberadaan Hari Akhir adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 25 Jumadil Akhir 1444 H / 19 Januari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Merenungkan Hakikat Dunia

Ceramah Agama Islam Tentang Orang Yang Mengetahui Keberadaan Hari Akhir

Ada dua keadaan orang yang mengetahui keberadaan hari akhir. Keadaan yang pertama adalah mengetahui tanpa ada keyakinan di hatinya. Adapun keadaan kedua yaitu orang yang meyakini dan memastikan dengan kepastian yang tidak ada keraguan padanya bahwa dia memiliki negeri selain negeri yang saat ini dia berada di dalamnya, dia punya tempat kembali di akhirat nanti yang dengan untuk tujuan itulah Allah menciptakan dia. Dan bahwasanya dunia ini hanya merupakan jalan untuk menuju tempat kembali di akhirat, dan merupakan tempat persinggahan dari tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh orang yang berjalan menuju akhirat.

Keyakinan yang kedua ini hubungannya dengan ilmu dan merenungkan ilmu. Bagaimana akan merasuk dalil-dalil Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang menjelaskan tentang akhirat, balasan di akhirat, kemuliaan di akhirat, atau kesengsaraan adzabnya? Tentu dengan taufik dari Allah melalui merenungkan/memikirkan supaya hati kita benar-benar memiliki keyakinan. Inilah manfaatnya kita merenungkan ilmu.

Baca Juga:
Tidak Ada Imbalan Bagi Orang Yang Meminjamkan Dinding Sampai Dinding Itu Rubuh

Kemudian bersamaan dengan itu dia meyakini bahwa akhirat itulah negeri yang kekal abadi, kenikmatannya dan adzabnya tidak akan hilang. Siapa yang dapatkan nikmat maka dia akan rasakan terus-menerus, siapa yang dapatkan adzab maka itu adalah adzab yang kekal abadi.

Dan tidak ada perbandingan antara kenikmatan dan penderitaan di dunia dibandingkan dengan kenikmatan dan penderitaan yang ada di akhirat kecuali perumpamaannya hanya seperti seseorang yang memasukkan satu jarinya di dalam lautan kemudian dia mencabut jarinya, maka air yang menempel di jarinya itu seperti perumpamaan dunia dibandingkan dengan akhirat yang seperti lautan yang luas tersebut.

Maka pengetahuan yang disertai keyakinan ini akan membuahkan bagi seorang hamba sikap selalu mendahulukan dan mencari akhirat, selalu mempersiapkan diri untuk menghadapinya, dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri dengan sebaik-baik usaha. Tentu saja apa yang diyakini oleh seorang hamba di dalam hatinya, itu yang akan menggerakkan anggota badannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Orang Yang Mengetahui Keberadaan Hari Akhir” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.