Masjid Al-Barkah

Fiqih Dzikir dan Do'a

Doa Saat Mendadak Bangun Tidur Ketakutan

By  |  pukul 8:40 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 01 Agustus 2023 pukul 8:56 am

Tautan: https://rodja.id/3s3

Doa Saat Mendadak Bangun Tidur Ketakutan merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 9 Dzulqa’dah 1444 H / 29 Mei 2023 M.

Lihat sebelumnya: Doa Bangun Tidur

Kajian Tentang Doa Saat Mendadak Bangun Tidur Ketakutan

Terkadang dalam hidup, tidak selalu tidurnya kita dalam keadaan nyaman dan pulas. Kadang-kadang kita mengalami kondisi sulit untuk tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Mungkin sedang banyak pikiran yang lainnya. Ada juga yang sulit tidur karena mimpi buruk atau merasa ketindihan (seolah ada sesuatu yang mencekik). Namun, ketika kita menghadapi kondisi seperti itu, apa yang harus kita baca?

Apakah kondisi tersebut berbahaya bagi kehidupan dan nasib kita? Jawabannya tergantung apakah kita mengamalkan tuntunan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam situasi tersebut atau tidak? Jika kita mengamalkan doa-doa yang diajarkan, maka kondisi tadi tidak akan membahayakan. Namun, jika kita tidak mengamalkannya atau justru melakukan hal-hal yang tidak dianjurkan atau bahkan dilarang dalam agama kita seperti menggunakan jimat, maka kondisinya bisa semakin parah, Na’udzubillahi min dzalik.

Doa yang dibaca saat mendadak bangun tidur ketakutan:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَنْ يَحْضُرُونِ

Dalil Landasan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

«إِذَا فَزِعَ أَحَدُكُمْ فِي النَّوْمِ فَلْيَقُلْ: “أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَنْ يَحْضُرُونِ” فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ».

Apabila salah seorang dari kalian mendadak terbangun dari tidur ketakutan, hendaklah ia membaca: “A’ûdzu bikalimâtillâhit tâmmâti min ghadhabihi wa ‘iqâbihi, wa syarri ‘ibâdihi, wa min hamazâtisy syayâthîni wa an yahdhurûn” (Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kemarahan-Nya dan hukuman-Nya, juga dari kejahatan para makhluk-Nya. Serta aku memohon perlindungan dengannya dari gangguan para setan dan agar mereka tidak mendatangiku)”. Niscaya pemicu ketakutan itu tidak akan mencelakainya”. HR. Tirmidziy (no. 3528) dan beliau mengatakan hadits ini hasan gharib. Adapun al-Albaniy menyatakan hadits ini hasan.

Renungan Kandungan

Doa ini mengajarkan pada kita untuk selalu membangun ketergantungan kepada Allah dalam segala kondisi. Apapun kondisi yang kita alami, biasakanlah untuk senantiasa mengingat Allah, kembali dan bergantung kepadaNya. Sebab hanya Dialah yang menguasai dan mengendalikan secara mutlak segala sesuatu di alam semesta ini. Bukan para makhlukNya yang lemah. Entah itu makhluk yang masih hidup, atau makhluk hidup yang sudah mati, apalagi benda mati. Allah ta’ala mengingatkan,

“أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ”

“Siapakah yang mampu mengabulkan permohonan orang-orang yang sedang kepepet dalam kesulitan? Siapakah yang bisa melepaskan seseorang dari kesulitannya? Siapakah yang menjadikan kalian khalifah di muka bumi ini? (Jika bukan Allah). Pantaskah ada sesembahan selain Allah? Sungguh kalian sangat jarang berfikir”. (QS. An-Naml[27]: 62)

Bagaimana kandungan dan makna dari doa ini? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Doa Saat Mendadak Bangun Tidur Ketakutan” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.