Masjid Al-Barkah

Talbis Iblis

Talbis Iblis Untuk Melakukan Pengembaraan

By  |  pukul 9:48 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 21 September 2023 pukul 9:46 pm

Tautan: https://rodja.id/567

Talbis Iblis Untuk Melakukan Pengembaraan ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 2 Rabi’ul Awal 1445 H / 18 September 2023 M.

Kajian Tentang Talbis Iblis Untuk Melakukan Pengembaraan

Ini salah satu di antara kebiasaan atau salah satu ajaran yang diamalkan oleh kaum Sufi, yaitu mereka keluar dari rumah mengembara dan seringkali tanpa tujuan yang jelas. Yang pasti, pengembaraan itu bukan dalam rangka menuntut ilmu, karena sudah kita sebutkan sebelumnya bahwa mereka menjauhi yang disebut dengan menuntut ilmu karena dianggap dapat memalingkan dari ibadah.

Sebagian besar dari kaum Sufi melakukan pengembaraan itu untuk mengasingkan diri. Terkadang mereka pergi tanpa membawa bekal sama sekali. Mereka melakukan itu dengan berdalih ingin menguji tawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tentunya, yang menjadi akibat dari sikap seperti ini adalah banyak sekali kewajiban-kewajiban yang mereka abaikan. Bahkan banyak di antara mereka juga yang menelantarkan keluarga. Dan sebagian besar dari mereka justru memang tidak berkeluarga, sebagaimana yang kita sebutkan sebelumnya, mereka menjauhi yang namanya nikah.

Lihat: Talbis Iblis terhadap Kaum Sufi yang tidak mau Menikah

Dan bagi yang tidak punya keluarga, banyak sekali kewajiban yang terabaikan. Misalnya, mereka mengembara dan akhirnya mengabaikan birrul walidain (kewajiban berbakti kepada orang tua), menyambung silaturahim, dan kewajiban-kewajiban duniawi lainnya.

Ironisnya, mereka menganggap perbuatan ini sebagai bentuk ketaatan dan upaya pendekatan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mencapai derajat kewalian. Padahal, hakikatnya, mereka justru termasuk orang-orang yang telah menyimpang dari tuntunan sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Berkaitan dengan melakukan perjalanan atau pengembaraan tanpa tujuan yang jelas, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang kita melakukan tindakan seperti itu. Tidak dibenarkan juga melakukan perjalanan ke sana kemari tanpa ada tujuan atau tanpa keperluan yang jelas, seperti orang yang kebingungan menghabiskan waktu.

Maka kalaupun kita berjalan di muka bumi, tentunya untuk tujuan mengambil pelajaran:

قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ بَدَأَ الْخَلْقَ…

Katakanlah: “Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya…” (QS. Al-‘Ankabut[29]: 20)

Kita diperintahkan untuk melakukan penelitian dan mengambil ibrah dan sejenisnya. Yaitu untuk menuntut ilmu dan mendapatkan faedah, bukan berjalan tanpa tujuan.

Dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa ada seseorang yang datang kepada nabi dan meminta izin: “Wahai Rasulullah, izinkanlah aku mengembara di muka bumi.” Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إنَّ سِياحةَ أُمَّتي الجِهادُ في سبيلِ اللَّهِ

“Pengembaraan umatku itu adalah berjihad di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim)

Jadi ada tujuan yang jelas seperti berjihad, menuntut ilmu, berdakwah, membantu saudaranya yang jauh, menyambung silaturahim.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Talbis Iblis Untuk Melakukan Pengembaraan” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.