Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang – Bagian ke-2 – dan Bab Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur – Bab 248-249 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama tentang kajian kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Kajian Syarah Riyadhush Shalihin yang dapat Anda download kali ini adalah rekaman dari siaran live pada Ahad sore, 28 Jumadal Ula 1435 / 30 Maret 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Bab 247 (Bagian ke-2) hingga Bab 248 (Bagian ke-1), dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq Al-Badr membawakan dua bab sekaligus, yaitu Bab 248 tentang Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang (Bagian ke-2) dan Bab 249 tentang Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur.

Daftar Isi

Baca Juga:
Keutamaan Iman (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)

Program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin - Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-'Abbad Al-Badr di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad sore dan Senin sore, pukul 17:00-17:55 WIB



Status program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin: SELESAI

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Dzikir (كتاب الأذكار)

Bab ke-248: Bab Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang ( باب الذكر عِنْدَ الصباح والمساء) – Bagian ke-2

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dahulu ketika memasuki waktu sore Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca:

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ، وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

“Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan bagiNya pujian. Dia lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku mohon kepadaMu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari siksaan di neraka dan kubur.”
Dan jika masuk waktu pagi beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca do’a ini juga (namun di awal do’a diubah menjadi):

Baca Juga:
Konsep Seorang Muslim dalam Menyikapi Pembagian Rezeki dari Allah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ…. رواه مسلم

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah.” (HR Muslim)

Bab ke-248: Bab Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur (باب مَا يقوله عِنْدَ النوم)

[17:22]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ، الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَىَ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi.” (QS Ali ‘Imran [3]: 190-191)

Dari Hudzifah dan Abu Dzar radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua mengatakan bahwa dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika akan tidur, beliau membaca:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ

“Dengan menyebut namaMu ya Allah, aku hidup dan aku mati.” (HR Al-Bukhari)

Alhamdulillah, mari kita simak bahasan oleh Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah dalam dua kitab pembahasan di dalam kitab Riyadhush Shalihin ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 248-249 – Bab Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang (Bagian ke-2) dan Bab Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur

Baca Juga:
Kapan Beristighfar - Bagian ke-1 - Fiqih Do'a dan Dzikir (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Mari kita bagi-bagikan ceramah agama, baik membagikan hasil download ceramahnya maupun bagikan tautan ini kepada saudara-saudara kita di Facebook, Twitter, dan Google+ melalui menu media sosial di bawah. Jazakumullahu khoiron.

Telegram Rodja Official

5 Comments

  1. Chandra R

    Minggu, 05 Muharram 1437 / 18 Oktober 2015 at 11:23

    Assalammualaikum Arab.Download button tidak ngelink ke file yang dimaksud pada Bab Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang – Bagian ke-2 – dan Bab Bacaan-bacaan ketika Hendak Tidur – Bab 248-249 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin

    • Abu Azka

      Minggu, 05 Muharram 1437 / 18 Oktober 2015 at 14:04

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, saya coba buka dan download, Alhamdulillah filenya bisa didownload dan bisa didengarkan. Saya mendownload menggunakan PC. Boleh tahu secara detail permasalahannya?

  2. irvan faiz budi

    Jumat, 04 Jumadil akhir 1435 / 04 April 2014 at 10:33

    Alhamdulillah

    Ana ikut sedot filenya insyaAllah bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.