Telegram Rodja Official

Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim

Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat – Bagian ke-2 (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 18 April 2014 pukul 10:43 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5833

Kajian fiqih kontemporer oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan ceramah agama Islam dari seri pembahasan Hal-hal yang Penting Diketahui oleh Pengusaha Muslim bersama Ustadz Erwandi Tarmizi. Ceramah agama ini merupakan hasil rekaman yang ditayangkan live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Senin ba’da Maghrib, 23 Jumadal Awwal 1435 / 24 Maret 2014 dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja. Pembahasan ini diangkat dari kitab مالا يسع التاجر جهله. Pada pembahasan yang lalu telah dijelskan mengenai Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat (Bagian ke-1) dan pada pertemuan kali ini, pemateri akan membawakan pembahasan tentang “Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat (Bagian ke-2)“.

[sc:status-hal-yang-penting-diketahui-setiap-pengusaha-muslim-ustadz-erwandi-tarmizi-2014]

Ringkasan Kajian Fiqih Kontemporer dari Kitab “Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim”: Akad-akad Investasi (العقود للاستثمار)

Syirkah / Berserikat (شركة) – Bagian ke-2

Pada pertemuan yang lalu, pemateri telah menjelaskan mengenai salah satu dari akad al-ististmar (investasi dalam Islam) yaitu tentang asy-syirkah. Beliau menjelaskan bahwa syirkah terbagi jadi 2, yaitu al-amlaq (syirkah kepemilikan) dan al-uqud (syirkah dalam akad). Dan telah dijelaskan juga mengenai syirkah ‘inan.

Baca Juga:
Bab Hibah, 'Athiyyah, dan Washiyyah / Hadiah, Pemberian, dan Wasiat - Bagian ke-3 - Kitab Manhajus Salikin (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

Dan pada pertemuan kali ini, Ustadz Erwandi Tarmidzi akan menjelaskan jenis syirkah yang kedua, yaitu syirkah al-wujub atau disebut juga dengan syirkah al a’mal. Syirkah al-a’mal yaitu berserikat antara dua orang atau lebih dalam rangka menggabungkan kerja dan tidak ada modal yang diserahkan. Jadi mereka hanya bekerja saja tanpa ada modal yang diberikan. Baik itu modal berbentuk uang tunai, maupun berbentuk barang.

Bagaimana penjelasan lengkapnya mengenai permasalah ini?

Simak penjelasan selengkapnya berkaitan dengan fiqih kontemporer ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dari kitab Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim. Download sekarang juga rekaman kajian fiqihnya.

Download Kajian Fiqih Kontemporer: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi – Akad-akad Investasi: Syirkah / Berserikat (Bagian ke-2)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

85 − = 83

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.