Telegram Rodja Official

Tajriidut Tauhiid Al-Mufiid

Macam-macam Kesyirikan yang Muncul di Kalangan Umat Manusia – Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz DR Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian yang membahas masalah pemurnian aqidah dan tauhid yang sangat bermanfaat. Pengajian ini dikaji oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid, karya seorang ulama besar mazhab Syafi’i yang bernama Imam Taqiyyuddin Ahmad bin ‘Ali Al-Maqrizi rahimahullah. Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 24 Jumadats Tsani 1435 / 25 April 2014, pukul 05:30-07:00 WIB live di Radio Rodja. Pada pertemuan yang lalu, beliau telah menjelaskan tentang Penjelasan dari Nama Allah “Ar-Rabb dan Al-Ilaah” serta Penjelasan Surat Al-Falaq dan An-Naas. Dan pada pertemuan kali ni, beliau akan menjelaskan tentang “Macam-macam Kesyirikan yang Muncul di Kalangan Umat Manusia“. Semoga bermanfaat.

Program Kajian Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid - Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A. di Radio Rodja

Simak program ini hanya di Radio Rodja setiap:

Jumat pagi, 05:30-07:00 WIB



Status program Kajian Kitab Tajridut Tauhid: AKTIF

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (تجريد التوحيد المفيد)

Macam-macam Kesyirikan yang Muncul di Kalangan Umat Manusia

Imam Ahmad bin Ali Al-Maqrizi rahimahullah berkata:

Baca Juga:
Bernadzar dan Berlindung kepada Selain Allah adalah Syirik - Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

والذين أشركوا به تعالى في الربوبية منهم من أثبت معه خالقاً آخر وإن لم يقولوا إنه إله مكافئ له وهو المشركون ومن ضاهاهم من القدرية

Dan orang-orang yang melakukan kesyirikan kepada Allah dalam rububiyyah, di antara mereka ada yang menetapkan bersama Allah pencipta yang lain, kendati mereka tidak mengatakan bahwa dia itu menyerupai Allah dalam segala hal, mereka merupakan orang-orang yang musyrik. Dan orang-orang yang menyerupai mereka adalah dari golongan orang-orang qadariyyah.

وربوبيته سبحانه للعالم الربوبية الكاملة المطلقة الشاملة تبطل أقوالهم، لأنها تقتضي ربوبيته لجميع ما فيه من الذوات والصفات والحركات والأفعال

Dan rububiyyah Allah Subhanahu wa Ta’ala terhadap semesta alam ini adalah rububiyyah (penciptaan) yang sempurna, mutlak, dan meyeluruh. Dan hal ini cukup untuk mengingkari pendapat mereka. Karena rububiyyah Allah menuntut dan mencakup penguasaan Allah terhadap seluruh yang ada di alam semesta ini, baik itu dzat, sifat, gerak gerik (makhlukNya), maupun perbuatan.

وحقيقة قول القدرية المجوسية أنه تعالى ليس ربا لأفعال الحيوان ولا تتناولها ربوبيته إذ كيف يتناول ما لايدخل تحت قدرته ومشيئته وخلقه

Dan hakikat perkataan orang-orang qadariyah seperti halnya orang-orang majusi. Karena mereka menyakini bahwa Allah Ta’ala bukanlah pencipta perbuatan manusia. Dan tidak terkandung oleh rububiyyahNya. (Mereka berdalih) bagaimana mungkin terkandung dalam rububiyyah tersebut apa yang tidak masuk di bawah kekuasaan, kehendak, dan juga penciptaanNya.

Baca Juga:
Tafsir Dua Kalimat Syahadat (Syaikh Dr. Isma'il Ghasab Al-'Adawi)

وشرك الأمم كله نوعان : شرك في الإلهية ، وشرك في الربوبية

Dan kesyirikan yang terjadi di kalangan umat manusia, secara umum ada dua macam, yaitu kesyirikan dalam uluhiyyah dan rububiyyah.

Bagaimana penjelasan selengkapnya dari pembahasan ini? Simak penjelasan lengkapnya bersama Ustadz Muhammad Nur Ihsan dalam pembahasan Kitab Tajridut Tauhid, dengan download pengajian yang bermanfaat ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Macam-macam Kesyirikan yang Muncul di Kalangan Umat Manusia

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link pengajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.