Rodja Peduli

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Solusi Pertengkaran dalam Rumah Tangga – Pentingnya Musyawarah (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Minggu, 27 April 2014 pukul 9:05 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6047

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian fikih keluarga, yang disampaikan oleh Al-Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 11 Jumadats Tsani 1435 / 12 April 2014, pukul 08:00-09:00 WIB. Pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan pembahasan tentang “Solusi Pertengkaran dalam Rumah Tangga, yaitu Pentingnya Musyawarah“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Seri Solusi Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Pentingnya Musyawarah

Bagaimana kiat-kiat untuk bisa mengatasi pertikaian dalam rumah tangga. Apabila hal itu sidah dilakukan dengan sebaik-baiknya, namun Allah belum menghendaki adanya perbaikan, maka jalan berikutnya yang bisa ditempuh adalah musyawarah. Yaitu musyawarah antara kedua belah pihak yang bertikai. Masing-masing kedua belah pihak harus mengutus hakim yang fungsinya untuk menyelesaikan pertikaian yang ada, dengan memberikan nasihat kepada kedua belah pihak. Baik itu pihak istri maupun pihak suami.

Jika pertikaian yang ada tidak segera diselesaikan, maka akan berakibat buruk. Bahkan keutuhan rumah tangga bisa hancur, dan psikologi anak-anak juga bisa terganggu. Maka dari itu, musyawarah sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Dan inilah yang Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan, seperti yang terdapat di dalam firmanNya:

Baca Juga:
Syarat-Syarat dalam Pengasuhan Bayi (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُواْ حَكَماً مِّنْ أَهْلِهِ وَحَكَماً مِّنْ أَهْلِهَا إِن يُرِيدَا إِصْلاَحاً يُوَفِّقِ اللّهُ بَيْنَهُمَا إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلِيماً خَبِيراً

“Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS An-Nisa [4]: 35)

Silakan simak penjelasan Ustadz Kholid Syamhudi mengenai hal ini, di dalam rekaman kajian ini. Simak juga sesi tanya jawab yang sangat sayang jika dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Seri Solusi Pertengkaran dalam Rumah Tangga: Pentingnya Musyawarah

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.