Telegram Rodja Official

Khutbah Jumat

Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim – Khutbah Jumat (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini rekaman khutbah Jumat yang disampaikan di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, pada Jumat, 9 Rajab 1435 / 9 Mei 2014. Dalam khutbah ini, Ustadz Ahmad Zainuddin menyampaikan materi tentang “Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim“. Mari download khutbah Jumat yang berdurai singkat ini untuk dapat mengambil faedah yang banyak, insya Allah.

Alamat Masjid Al-Barkah Cileungsi Bogor

Masjid Jami' Al-Barkah
Jl.Pahlawan, Kampung Tengah,
Belakang Polsek Cileungsi,
Cileungsi, BOGOR

Ringkasan Khutbah Jumat: Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim

Di dalam Islam, pekerjaan berdagang dan berniaga sangat memiliki keutamaan dan keagungan. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

التاجر الأمين الصدوق المسلم مع النبيين والصديقين والشهداء يوم القيامة

“Pedagang yang amanah, jujur, dan muslim, akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid pada hari kiamat.” (HR At-Tirmidzi)

Di dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda:

اَلْبَيْعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَ بَيَّنَا بُوْرِكَ لَهُمَا فِيْ بَيْعِهِمَا وَ إِنْ كَذَبَا وَ كَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا

Baca Juga:
Meraih Kejayaan Islam dengan Ilmu dan Amal - Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Dua orang yang saling berjual-beli tetap memiliki hak pilih selama mereka belum berpisah. Jika keduanya jujur dan saling berterus terang, maka keberkahan dilimpahkan bagi mereka pada jual beli mereka. Namun, jika keduanya saling berdusta dan saling menutupi, maka keberkahan akan dicabut dari jual-beli mereka.” (HR Al-Bukhari)

Ada beberapa hal diharamkan untuk dilakukan oleh para pedagang muslim, di antaranya adalah diharamkan baginya untuk bersumpah demi agar terjual barang dagangannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda:

(الْحَلِفُ مُنَفِّقَةٌ لِلسِّلْعَةِ مُمْحِقَةٌ لِلْبَرَكَةِ (متفق عليه

“Sumpah itu (memang) akan menjadikan barang dagangan menjadi laris, namun hal itu akan menghapuskan keberkahan.” (HR Muttafaqun ‘Alaih).

Apa saja hal-hal lainnya yang diharamkan bagi pedagang muslim? Silakan download dan simak khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc – Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim

Mari kita bagikan khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun tautan / link ini ke akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita, terutama kita sendiri sebagai ilmu dan amal shalih. Aamiin.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.