Rodja Peduli

Tematik

Hukum seputar Ziarah Kubur (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:00 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 03 Juni 2015 pukul 5:35 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6472

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama dan dialog interaktif bersama Ustadz Ahmad Zainuddin yang live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Sabtu pagi, 10 Rajab 1435 / 10 Mei 2014. Ceramah yang disampaikan berjudulkan “Hukum Seputar Ziarah Kubur” dan dapat Anda download sekarang juga atau dengarkan langsung melalui player yang tersedia di bawah.

Rekaman video: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Hukum seputar Ziarah Kubur

Ringkasan Tausiyah: Hukum Seputar Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan suatu amalan yang tidak asing lagi bagi kita. Sebagian ulama bahkan ada yang menganggap amalan ini sunnah, terutama bagi laki-laki. Tentu saja dengan melihat kondisi dan niat dari si peziarah kubur tersebut. Dalil yang menunjukan akan dibolehkannya ziarah kubur pun banyak, di antaranya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

“Saya pernah melarang kalian berziarah kubur. Maka berziarahlah (sekarang).” (HR Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَمَنْ أَرَادَ أَنْ يَزُوْرَ قَبْرًا فَلْيَزُرْهُ

“Saya pernah melarang kalian berziarah kubur. Maka barangsiapa yang ingin berziarahlah kubur, maka ziarahilah kubur tersebut.” (HR An-Nasai dan Ahmad)

Baca Juga:
Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

“Saya memohon izin kepada Rabb-ku untuk memintakan ampunan baginya, namun tak diperkenankan olehNya, dan saya meminta izin untuk menziarahi kuburnya lalu diperkenankan olehNya. Karena itu, berziarahlah kubur karena ia akan mengingatkan kalian akan kematian.” (HR Muslim)

Hadit-hadits di atas merupakan anjuran untuk berziarah kubur bagi laki-laki. Adapun hukum ziarah kubur bagi wanita, para ulama berbeda pendapat. Bagaimana penjelasan Ustadz Ahmad Zainuddin mengenai hal ini? Silakan download dialog interaktif ini, dan simak penjelasan beliau selengkapnya beserta sesi tanya jawab yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua.

Download Tausiyah: Ustadz Ahmad Zainuddin – Hukum Seputar Ziarah Kubur

Silakan download dan jangan lupa untuk men-share-nya ke Facebook, Twitter, dan Google+, agar saudara-saudara Muslimin kita dapat memperoleh manfaatnya, begitu pula kita dapat memperoleh manfaat pahalanya. Aamiin.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.