Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Larangan Menyerupai Setan dan Orang-Orang Kafir, Bab Larangan Qaza’, hingga Bab Makruhnya Beristinja dan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan – Bab 293-298 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Senin sore, 17 Syaban 1435 / 16 Juni 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Bab Larangan Berkhalwat dengan Wanita Bukan Mahram (Bagian ke-2) dan Bab Larangan Laki-Laki Menyerupai Wanita dan Sebaliknya, dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang Bab Larangan Menyerupai Setan dan Orang-Orang Kafir, Bab Larangan Qaza’, hingga Bab Makruhnya Beristinja dan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan.

[sc:status-riyadhush-shalihin-syaikh-abdur-razzaq-abdul-muhsin-2013]

Daftar Isi

Baca Juga:
Keutamaan Jumat, Wajibnya Shalat Jumat, & Sunnah-sunnah Hari Jumat dan Bab Disunnahkan Sujud Syukur - Bab 210-211 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Perkara-perkara yang Dilarang (كتَاب الأمُور المَنهي عَنْهَا)

Bab ke-293: Larangan Menyerupai Setan dan Orang-Orang Kafir (باب النهي عن التشبه بالشيطان والكفار)

[00:01]
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَأكُلُوا بِالشِّمَالِ، فَإنَّ الشَّيْطَانَ يَأكُلُ ويَشربُ بِالشِّمَالِ. رواه مسلم

“Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Bab ke-294: Larangan Menyemir Raambut dengan Warna Hitam (باب نهي الرجل والمرأة عن خضاب شعرهما بسواد)

[05:53]
Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Abu Quhafah, ayah Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhuma, dibawa menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Fathu Makkah, sedang warna kepala dan jenggotnya seperti tanaman yang bunga dan buahnya berwarna putih.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

غَيِّرُوا هَذَا وَاجْتَنِبُوا السَّوَادَ. رواه مسلم

“Ubahlah ini, namun jangan mengunakan warna hitam.” (HR Muslim)

Bab ke-295: Larangan Qaza’ (Mencukur Sebagian Rambut Kepala dan Membiarkan Sebagiannya) (باب النهي عن القَزَع وَهُوَ حلق بعض الرأس دون بعض)

[09:18]
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata:

نهَى رسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – عن القَزَعِ. متفق عَلَيْهِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” (Muttafaq ‘alaihi)

Bab ke-298: Makruhnya Beristinja dan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan (باب كراهة الاستنجاء باليمين ومس الفرج باليمين من غير عذر)

[36:22]
Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Baca Juga:
Larangan Menyandarkan Nasab kepada Selain Ayah Kandung hingga Apa yang Seharusnya Diucapkan dan Dilakukan oleh Orang yang Melakukan Sesuatu yang Dilarang - Bab 367-369 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

إذا بَالَ أَحَدُكُمْ، فَلاَ يَأخُذَنَّ ذَكَرَهُ بِيَمِينِهِ، وَلاَ يَسْتَنْجِ بِيَمِينِهِ، وَلاَ يَتَنَفَّسْ فِي الإنَاءِ. متفق عليه

“Apabila seorang di antara kalian kencing, maka janganlah sekali-kali memgang kemaluan dengan tangan kanan. Jangan juga beristinja (bercebok) dengan tangan kanan. Dan janganlah pula bernafas ke dalam bejana (air minum).” (Mutafaq ‘alaihi)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab Larangan Menyerupai Setan dan Orang-Orang Kafir, Bab Larangan Qaza’, hingga Bab Makruhnya Beristinja dan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.