Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Larangan Menggambar Makhluk Bernyawa dan Perintah untuk Menghilangkannya – Bab 305 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abdullah Roy, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Selasa sore, 3 Ramadhan 1435 / 1 Juli 2014, pada pukul 15:45-16:35 WIB, di Radio Rodja. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Bab Larangan Menggambar Makhluk Bernyawa dan Perintah untuk Menghilangkannya, dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang .

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Perkara-perkara yang Dilarang (كتَاب الأمُور المَنهي عَنْهَا)

Bab ke-305: Larangan Menggambar Makhluk Bernyawa dan Perintah untuk Menghilangkannya (باب تحريم تصوير الحيوان في بساط أو حجر أو ثوب أو درهم أو مخدة أو دينار أو وسادة وغير ذلك وتحريم اتخاذ الصور في حائط وسقف وستر وعمامة وثوب ونحوها)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Larangan Mencela Orang yang Telah Berbuat Baik kepada Kita - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

إنَّ الَّذينَ يَصْنَعُونَ هذِهِ الصُّوَرَ يُعَذَّبُونَ يَوْمَ القِيامَةِ، يُقَالُ لَهُمْ: أَحْيُوا مَا خَلَقْتُمْ. متفق عليه

“Sesungguhnya orang-orang yang membuat gambar-gambar ini akan diadzab pada hari kiamat kelak: “Hidupkanlah apa yang telah kamu ciptakan!”.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata:

قَدِمَ رسُولُ الله – صلى الله عليه وسلم – مِنْ سَفَرٍ، وَقَدْ سَتَرْتُ سَهْوَةً لِي بِقِرامٍ فِيهِ تَمَاثيلُ، فَلَمَّا رَآهُ رَسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – تَلَوَّنَ وَجْهُهُ، وقالَ: «يَا عائِشَةُ، أشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا عِندَ اللهِ يَوْمَ القِيَامَةِ الَّذينَ يُضَاهُونَ بِخَلْقِ اللهِ!» قَالَتْ: فَقَطَعْنَاهُ فَجَعَلْنَا مِنهُ وِسَادَةً أوْ وِسَادَتَيْنِ. متفق عليه

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba dari suat perjalanan, sementara aku telah menutupi ruanganku dengan gorden bergambar. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya, tampak olehku wajah beliau yang berubah (karena marah). Beliau bersabda: “Wahai ‘Aisyah! Orang yang paling berat mendapatkan adzab kelak di hari kiamat adalah orang-orang yang menyaingi (meniru-niru) ciptaan Allah.” ‘Aisyah berkata: “Maka dari itu, kami memotong gorden tersebut, lalu menjadikannya satu atau dua bantal”.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab Larangan Menggambar Makhluk Bernyawa dan Perintah untuk Menghilangkannya

Baca Juga:
Pentingnya Kejujuran - Bagian ke-2 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

2 Comments

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.