Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Bab Larangan Memelihara Anjing hingga Bab Makruhnya Bertengkar, Bersuara Keras, Mengumumkan Barang yang Hilang, Jual Beli, dan Semacamnya di Masjid – Bagian ke-1 – Bab 306-310 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Abdullah Roy, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Selasa sore, 3 Ramadhan 1435 / 1 Juli 2014, pada pukul 17:10-17:51 WIB, di Radio Rodja. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Bab Larangan Mendatangi Dukun, Peramal, Orang Pintar, Paranormal, dan Sebagainya (Bagian ke-2) dan Bab Larangan Ath-Tathayyur / Meramal Nasib Sial, dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang Bab Larangan Memelihara Anjing kecuali untuk Berburu dan Menjaga Ternak atau Tanaman, hingga Bab Makruhnya Bertengkar, Bersuara Keras, Mengumumkan Barang yang Hilang, Jual Beli, dan Semacamnya di Masjid (Bagian ke-1).

Daftar Isi

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1265-1271 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Perkara-perkara yang Dilarang (كتَاب الأمُور المَنهي عَنْهَا)

Bab ke-306: Larangan Memelihara Anjing, kecuali untuk Berburu dan Menjaga Ternak atau Tanaman (باب تحريم اتخاذ الكلب إلا لصيد أو ماشية أو زرع)

[00:01]
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Alu pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda“:

مَنِ اقْتَنَى كَلْبًا إلاَّ كَلْبَ صَيْدٍ أوْ مَاشِيَةٍ فَإنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَومٍ قِيرَاطَانِ. متفق عليه

“Barangsiapa yang memelihara anjing, kecuali anjing pemburu atau anjing penjaga ternak, maka pahalanya berkurang dua qirath setiap harinya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Bab ke-307: Makruhnya Mengalungkan Lonceng pada Unta atau Binatang yang lainnya(باب كراهية تعليق الجرس في البعير وغيره من الدواب وكراهية استصحاب الكلب والجرس في السفر)

[07:05]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bersabda:

لاَ تَصْحَبُ المَلاَئِكَةُ رُفْقَةً فِيهَا كَلْبٌ أوْ جَرَسٌ. رواه مسلم

“Malaikat tidak mengiringi suatu rombongan yang di dalamnya terdapat anjing atau lonceng.” (HR Muslim)

Bab ke-308: Makruhnya Mengendarai Binatang Jalalah, yaitu Unta yang Memakan Kotoran(باب كراهة ركوب الجَلاَّلة، وهي البعير أو الناقة التي تأكل العَذِرَة، فإنْ أكلت علفًا طاهرًا فطاب لَحمُهَا، زالت الكراهة)

[14:38]
Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

نهَى رسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – عَنِالجَلاَّلَةِ في الإبِلِ أَنْ يُرْكَبَ عَلَيْهَا. رواه أبو داود بإسناد صحيح

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1408-1413 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda melarang mengendarai unta yang memakan kotoran.” (HR Abu Dawud dengan sanad shahih)

Bab ke-310: Makruhnya Bertengkar, Bersuara Keras, Mengumumkan Barang yang Hilang, Jual Beli, dan Semacamnya di Masjid(باب كراهة الخصومة في المسجد ورفع الصوت فِيهِ ونشد الضالة والبيع والشراء والإجارة ونحوها من المعاملات) Bagian ke-1

[33:25]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya dia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bersabda:

مَنْ سَمِعَ رَجُلًا يَنْشُدُ ضَالَّةً في المَسْجِدِ فَلْيَقُلْ: لاَ رَدَّها اللهُ عَلَيْكَ، فإنَّ المَسَاجِدَ لَمْ تُبْنَ لِهذَا. رواه مسلم

“Barangsiapa yang mendengar seseorang mengumumkan barang hilang di dalam masjid, hendaklah dia mengucapkan: “Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu.” Sesungguhnya masjid tidak dibangun untuk ini.” (HR Muslim)

Dan seterusnya…

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab Larangan Memelihara Anjing kecuali untuk Berburu dan Menjaga Ternak atau Tanaman, hingga Bab Makruhnya Bertengkar, Bersuara Keras, Mengumumkan Barang yang Hilang, Jual Beli, dan Semacamnya di Masjid (Bagian ke-1)

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Baca Juga:
Kitab Puasa (Bagian ke-1): Puasa Ramadhan hingga Penentuan Awal Ramadhan yang Benar - Kitab Umdatul Ahkam (Ustadz Abu Qatadah)

3 Comments

  1. Muhammad Akmal

    Selasa, 29 Oktober 2019 at 12:59 AM

    404 error :’) tidak dpt download

  2. joe hunter

    Jumat, 04 Juli 2014 at 10:21 AM

    kalo bisa di bawah langsung ada tab buat share via acebook, Twitter, dan Google+ dll. supaya mempermudah dalam mebgi link ini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.