Telegram Rodja Official

Tematik

Permasalahan seputar Puasa dan Ramadhan – Bagian ke-1: Puasa bagi Orang Sakit yang kemudian Sembuh dan Orang Tua yang Pikun, Niat Puasa, dan Seterusnya (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Download ceramah agama Islam yang mengupas tentang “Permasalahan seputar Puasa dan Ramadhan“, di mana di dalamnya membahas beberapa permasalahan-permasalahan yang seringkali ditanyakan oleh masyarakat. Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin secara live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Rabu pagi, 11 Ramadhan 1435 / 9 Juli 2014. Mari kita download ceramahnya yang insya Allah akan semakin menambah pengetahuan kita akan Islam ini, khususnya tentang puasa dan Ramadhan.

Ringkasan Ceramah Agama: Permasalahan seputar Puasa dan Ramadhan (Bagian ke-1)

Permasalahan 1: Bersahur di Suatu Daerah Lebih Awal, kemudian Safar ke Daerah Lebih Lambat Waktu Berbukanya

[03:08]
Bagaimana hukumnya kalau seandainya seorang berpuasa di pagi hari di daerah yang mana lebih cepat, kemudian berbuka di daerah yang lebih lambat? Mengikuti manakah berbuka puasa kita?

Contohnya, seseorang di pagi hari, dia berada di kota Jakarta (Waktu Indonesia Barat). Secara otomatis, di Jakarta bersahur lebih lambat waktu sahurnya dibandingkan dengan Banjarmasin (Waktu Indonesia Tengah). Kemudian, orang tersebut di sore hari, dia pergi ke Banjarmasin dengan pesawat dan dia mengambil untuk dirinya tetap berpuasa pada hari itu, maka ketika sampai di Banjarmasin, apakah dia berbuka mengikuti waktu Jakarta (di mana di awal hari berpuasa dia di sana) ataukah dia mengikuti waktu di Banjarmasin?

Baca Juga:
Apa Kabar Anda setelah Ramadhan? (Ustadz 'Afifi 'Abdul Wadud)

Permasalahan 2: Puasa bagi Orang Sakit yang Siangnya Sembuh

[06:17]
Orang yang sakit yang sembuh di siang hari Ramadhan, bagaimana sikapnya? Apakah dia menahan dirinya dengan langsung berpuasa karena dia sudah sembuh ataukah dia boleh tetap makan dan minum? Dan bagaimana tentang puasanya, apakah dia meng-qadha atau tidak meng-qadha?

Permasalahan 3: Puasa bagi Orang Tua yang Sudah Pikun

[09:05]
Bagaimana orang tua yang pikun dengan puasanya?

Permasalahan 4: Niat Puasa

[11:10]
Bagaimana niat puasa orang yang berpuasa Ramadhan, kapan waktunya?

Dan seterusnya…

Masih ada beberapa permasalahan-permasalahan lainnya, lalu tunggu apa lagi? Mari kita download ceramah agama ini untuk dapat menyimak solusi-solusi atas seputar puasa Ramadhan.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Permasalahan seputar Puasa dan Ramadhan (Bagian ke-1)

Ayo kita share ke Facebook, Twitter, dan Google+, manfaatkan tombol-tombol media sosial di bawah ini sekarang juga! Insya Allah sangat bermanfaat bagi amal ibadah kita di bulan suci ini. Aamiin.

Telegram Rodja Official

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.