Telegram Rodja Official

Tematik

Pesan Singkat di Tengah Bulan Ramadhan (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Adalah sebuah judul ceramah agama yang begitu menggugah kita kala Ramadhan sudah sampai di setengah perjalanannya untuk meninggalkan kita semua. Mari simak dan download ceramah agama oleh Ustadz Ahmad Zainuddin yang disampaikan pada Ahad, 15 Ramadhan 1435 / 12 Juli 2014 di Radio Rodja dan RodjaTV, dengan judul “Pesan Singkat di Tengah Bulan Ramadhan“.

Ringkasan Ceramah Agama: Pesan Singkat di Tengah Bulan Ramadhan

Pesan singkat yang pertama kepada seluruh kaum Muslimin yang telah mengisi setengah Ramadhannya dengan amal ibadah, maka saya (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.-Ed) katakan jangan cepat puas dengan apa yang sudah dicapai, karena cepat puas dengan apa yang sudah dicapai akan menimbulkan penyakit, yaitu penyakitnya orang-orang munafiq. Coba perhatikan bagaimana ulama-ulama terdahulu, ketika mereka mengisi waktunya dengan ibadah, mereka tidak pernah puas dengan apa yang telah mereka dapatkan, sehingga ketidakpuasan mereka ini akan mendatangkan sesuatu yang sangat bermanfaat, yaitu mereka senantiasa terjauhkan dari sifat malas.

Coba perhatikan, berbagai macam dalil, bahwasanya kita tidak boleh merasa puas dengan apa yang sudah kita capai dengan amal ibadah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Surat Al-Mukminun ayat 60-61:

Baca Juga:
Renungan di Akhir Tahun (Ustadz DR Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوا وَّقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ (٦٠) أُوْلَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ (٦١)

“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka,(60) mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.(61)” (QS Al-Mukminun [23]: 60-61)

Ayat ini (Surat Al-Mukminun, ayat ke-60) semisal dengan hadits:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، قَوْلُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ : وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ سورة المؤمنون آية 60 ، أَهُوَ الَّذِي يَزْنِي وَيَشْرَبُ الْخَمْرَ ؟ وَفِي رِوَايَةِ ابْنِ سَابِقٍ ، أَهُوَ الرَّجُلُ يَزْنِي وَيَسْرِقُ وَيَشْرَبُ الْخَمْرَ وَهُوَ مَعَ ذَلِكَ يَخَافُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ ؟ قَالَ : لا ، وَفِي رِوَايَةِ وَكِيعٍ ، لا ، يَا بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ أَوْ يَا بِنْتَ الصِّدِّيقِ ، وَلَكِنَّهُ الرَّجُلُ يَصُومُ وَيُصَلِّي وَيَتَصَدَّقُ ، وَهُوَ يَخَافُ أَنْ لا يُقْبَلَ مِنْهُ

“‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Wahai Rasulullah, orang-orang yang disebutkan di dalam ayat: “Orang-orang yang memberikan apa yang mereka berikan, dan hati mereka bergetar,” (QS Al-Mukminun [23]: 60), apakah mereka (yang dimaksud di dalam ayat tersebut) adalah seseorang yang berzina, mencuri, minum khamr?” Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Tidak, wahai anak perempuan Abu Bakar, (atau dalam riwayat lain:) Tidak, wahai anak perempuan (Abu Bakar) Ash-Shiddiq, tetapi dia adalah seseorang yang berpuasa, bersedekah, shalat, dan dia takut tidak diterima darinya.””

Baca Juga:
Wasiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Abu Dzar (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Simak untaian nasihat singkat yang sangat penting bagi kita dalam menghabiskan bulan Ramadhan dengan kesempurnaan ibadah kepada Allah Ta’ala. Tinggal tersisa waktu setengah bulan lagi untuk kita menggiatkan amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini. Mari, download segera ceramah agama ini.

Download Ceramah Agama Islam: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. – Pesan Singkat di Tengah Bulan Ramadhan

Ayo kita like, share, tweet, dan +1, Anda tinggal klik ikon-ikon media sosial di bawah ini. Insya Allah berpahala karena telah menyebarkan kebaikan ini, Aamiin.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.