Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Serba-serbi Hadits Indah Pilihan – Bagian ke-4 – Tanda-Tanda Hari Kiamat: 3 Golongan yang Tidak Diajak Bicara dan Tidak Dilihat oleh Allah pada Hari Kiamat, Jeda Waktu antara 2 Tiupan Sangkakala, Kapankah Hari Kiamat, dan Seterusnya – Bab 370 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Musyaffa Ad-Darini, M.A.

Ceramah agama dari kitab Riyadhush Shalihin berikut adalah lanjutan dari pembahasan Serba-serbi Hadits Indah Pilihan – Bagian ke-3 – Tanda-Tanda Hari Kiamat: Orang Muslim akan Memerangi Orang Yahudi, Sungai Eufrat Menyingkap Gunung Emas, dan Seterusnya oleh Syaikh Abdur Razzaq Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr, dan kali ini memasuki bagian ke-4 dari kitab “Serba-serbi Hadits Indah Pilihan“, Bab ke-370 tentang “Tanda-Tanda Hari Kiamat“, yaitu pembahasan dari hadits 1835-1841, yaitu di antaranya tentang “Tanda-Tanda Hari Kiamat: 3 Golongan yang Tidak Diajak Bicara dan Tidak Dilihat oleh Allah pada Hari Kiamat, Jeda Waktu antara 2 Tiupan Sangkakala, Kapankah Hari Kiamat, dan Seterusnya“. Ceramah ini yang disampaikan live pada Ahad sore, 29 Ramadhan 1435 / 27 Juli 2014 dan alhamdulillah sekarang dapat Anda download rekamannya.

Daftar Isi

Baca Juga:
Syarat Hadits Mutawatir, Hadits Ahad, dan Hadits Shahih - Kitab Nukhbatul Fikr (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin - Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-'Abbad Al-Badr di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad sore dan Senin sore, pukul 17:00-17:55 WIB



Status program Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin: SELESAI

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Serba-serbi Hadits Indah Pilihan (كتَاب المنثُورَات وَالمُلَحِ)

Bab ke-370: Tanda-Tanda Hari Kiamat (باب أحاديث الدّجال وأشراط الساعة وغيرها) – Bagian ke-4

Hadits ke-1835: 3 Golongan yang Tidak Diajak Bicara dan Tidak Dilihat oleh Allah pada Hari Kiamat

[00:17]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَومَ القِيَامَةِ، وَلاَ يَنْظُرُ إلَيْهِمْ، وَلاَ يُزَكِّيهِمْ، وَلَهُمْ عَذَابٌ ألِيمٌ: رَجُلٌ عَلَى فَضْلِ مَاءٍ بِالفَلاَةِ يَمْنَعُهُ مِنِ ابْنِ السَّبِيلِ، وَرَجُلٌ بَايَعَ رَجُلًا سِلْعَةً بَعْدَ العَصْرِ فَحَلَفَ بِاللهِ لأَخَذَهَا بِكذَا وَكَذَا فَصَدَّقَهُ وَهُوَ عَلَى غَيْرِ ذلِكَ، وَرَجُلٌ بَايَعَ إمَامًا لاَ يُبَايِعُهُ إلاَّ لِدُنْيَا فَإنْ أَعْطَاهُ مِنْهَا وَفَى وَإنْ لَمْ يُعْطِهِ مِنْهَا لَمْ يَفِ

“Ada 3 golongan yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak mengajak bicara kepada mereka pada hari kiamat, Allah juga tidak memandang (dengan pandangan kerelaan/keridhaan) kepada mereka, dan Allah tidak membersihkan mereka, dan bagi mereka adzab yang sangat pedih: Pertama, seseorang yang mempunyai kelebihan air di tempat yang tidak ada penduduknya (di daerah yang kosong) dan dia melarang orang-orang yang melewati tempat tersebut untuk mengambil manfaat dari air yang dia miliki. Kedua, seseorang yang menjual barang dagangannya di waktu ‘Ashar, kemudian ia bersumpah dengan nama Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa ia mengambilnya sekian dan sekian, lalu pembeli mempercayainya padahal tidak benar demikian. Ketiga, seseorang yang membaiat seorang imam, pemimpin, atau penguasa, namun dia tidak membaiatnya kecuali karena dorongan dunia; apabila pemimpin tersebut memberikan kepada dia janji-janji dunianya maka dia menjaga baiatnya tersebut, namun apabila pemimpin / penguasa tersebut tidak memberikan janji-janji dunia kepadanya maka dia tidak menjaga baiat tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:
Keutamaan Orang yang Memelihara Anak Yatim hingga Jadilah untuk Anak Yatim seperti Seorang Bapak yang Penyayang - Hadits 131-140 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Hadits ke-1836: Jeda Waktu antara 2 Tiupan Sangkakala

[09:41]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

عن النبيّ صلى الله عليه وسلم قال: “بَيْنَ النَّفْخَتَيْنِ أرْبَعُونَ” قالوا: يَا أبَا هُرَيْرَةَ أرْبَعُونَ يَوْمًا؟ قالَ: أبَيْتُ، قَالُوا: أرْبَعُونَ سَنَةً؟ قال: أبَيْتُ. قالُوا: أرْبَعُونَ شَهْرًا؟ قالَ: أبَيْتُ. “وَيَبْلَى كُلُّ شَيْءٍ مِنَ الإنْسَانٍ إلاَّ عَجْبَ الذَّنَبِ، فِيهِ يُرَكَّبُ الخَلْقُ، ثُمَّ يُنَزِّلُ اللهُ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَيَنْبُتُونَ كَمَا يَنْبُتُ البَقْلُ”

Hadits ke-1837: Kapankah Hari Kiamat

[17:03]
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

بَيْنَمَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم في مَجْلِسٍ يُحَدِّثُ القَومَ، جَاءَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ: مَتَى السَّاعَةُ؟ فَمَضَى رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُحَدِّثُ، فَقالَ بَعْضُ القَومِ: سَمِعَ مَا قَالَ فَكَرِهَ مَا قَالَ، وَقَالَ بَعْضُهُمْ: بَلْ لَمْ يَسْمَعْ، حَتَّى إذَا قَضَى حَدِيثَهُ قالَ: “أيْنَ السَّائِلُ عَنِ السَّاعَةِ؟” قال: هَا أنا يَا رسُولَ اللهِ. قال: “إذَا ضُيِّعَتِ الأَمَانَةُ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ”. قال: كَيفَ إضَاعَتُهَا؟ قال: “إذَا وُسِّدَ الأَمْرُ إلى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ”

Simak penjelasan selengkapnya tentang tanda-tanda hari kiamat dari kitab Syarah Riyadhush Shalihin dengan download ceramah agama ini.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Bab 370 – Tanda-Tanda Hari Kiamat: 3 Golongan yang Tidak Diajak Bicara dan Tidak Dilihat oleh Allah pada Hari Kiamat, Jeda Waktu antara 2 Tiupan Sangkakala, Kapankah Hari Kiamat, dan Seterusnya

Baca Juga:
Kematian - Aqidah Prioritas Utama (Ustadz Arman Amri, Lc.)

Bantu sebarkan juga ceramah ini dengan menge-share ke Facebook, Twitter, dan Google+ sekarang juga.

Telegram Rodja Official

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.