Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Serba-serbi Hadits Indah Pilihan – Bagian ke-7 – Kisah ‘Aisyah dan ‘Abdullah bin Az-Zubair serta Hadits tentang Al-Haudh / Telaga Nabi di Surga – Bab 370 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Musyaffa Ad-Darini, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Senin sore, 8 Syawal 1435 / 4 Agustus 2014, di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Besarnya Keberanian Rasulullah dan Bersegeranya Para Sahabat Memenuhi Panggilan Rasulullah dan Seterusnya yang merupakan pembahasan dari Bab 370 (Bagian ke-6), dan pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, akan membahas tentang Serba-serbi Hadits Indah Pilihan “Kisah ‘Aisyah dan ‘Abdullah bin Az-Zubair serta Hadits tentang Al-Haudh / Telaga Nabi di Surga“, yang merupakan pembahasan dari Bab 370 (Bagian ke-7).

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Serba-serbi Hadits Indah Pilihan (كتَاب المنثُورَات وَالمُلَحِ)

Bab ke-370: Kisah ‘Aisyah dan ‘Abdullah bin Az-Zubair serta Hadits tentang Al-Haudh / Telaga Nabi di Surga (باب أحاديث الدّجال وأشراط الساعة وغيرها)

Salah satu hadits dalam pembahasan ini adalah hadits tentang Al-Haudh / telaga Nabi di surga yang datang dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu:

أنَّ رَسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – خَرَجَ إِلَى قَتْلَى أُحُدٍ، فَصَلَّى عَلَيْهِمْ بَعْدَ ثَمَانِ سِنينَ كَالمُوَدِّعِ لِلأَحْيَاءِ وَالأَمْوَاتِ، ثُمَّ طَلَعَ إِلَى المِنْبَرِ، فَقَالَ: «إنِّي بَيْنَ أيْدِيكُمْ فَرَطٌ وَأَنَا شَهِيدٌ عَلَيْكُمْ وإنَّ مَوْعِدَكُمُ الحَوْضُ، وإنِّي لأَنْظُرُ إِلَيْهِ مِنْ مَقَامِي هَذَا، أَلاَ وإنِّي لَسْتُ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُشْرِكُوا، وَلَكِنْ أخْشَى عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا أَنْ تَنَافَسُوهَا قَالَ: فَكَانَتْ آخِرَ نَظْرَةٍ نَظَرْتُهَا إِلَى رَسُولِ اللهِ – صلى الله عليه وسلم. متفق عَلَيْهِ

Baca Juga:
Tidak Boleh Berbohong hingga Bersabar atas Gangguan - Bab 180-182 - Hadits 386-390 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pergi mendatangi kuburan para Syuhada Perang Uhud. Kemudian, beliau menshalatkan mereka setelah berlalu delapan tahun dari peristiwa tersebut, yang tidak ubahnya seperti menyampaikan selamat tinggal kepada orang-orang yang hidup dan yang mati.

Selanjutnya, beliau naik mimbar lalu bersabda: “Sesungguhnya aku mendahului kalian yang berada di tengah-tengah ummat dan aku adalah saksi atas kalian. Sesungguhnya tempat pertemuan kalian kelak adalah Al-Haudh (telaga Nabi di surga). Aku benar-benar melihatnya dari tempatku ini. Ketahuilah, bahwasanya aku tidak khawatir kalau kalian menjadi musyrik. Akan tetapi, yang aku khawatirkan adalah kalian mencintai dunia, lalu berlomba-lomba memperolehnya.”

‘Uqbah berkata: “Itulah terakhir kali aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin selengkapnya bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Kisah ‘Aisyah dan ‘Abdullah bin Az-Zubair serta Hadits tentang Al-Haudh / Telaga Nabi di Surga

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.