Telegram Rodja Official

Syarh Riyaadhush Shaalihiin

Hal-Hal yang Allah Sediakan bagi Orang-Orang Mukmin di Surga – Bagian ke-3 – Bab 372 – Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan pengajian Islam dengan pembahasan kitab Riyadhush Shalihin oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Hamzah Abbas, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman pengajian kitab Syarah Riyadhush Shalihin yang disiarkan live pada Senin sore, 29 Syawal 1435 / 25 Agustus 2014, di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada pengajian sebelumnya, telah disampaikan mengenai pembahasan Hal-Hal yang Allah Sediakan bagi Orang-Orang Mukmin di Surga (Bagian ke-2). Pada pembahasan kali ini Syaikh ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdilmuhsin Al-‘Abbad Al-Badr, masih akan membahas Bab 372, yaitu “Hal-Hal yang Allah Sediakan bagi Orang-Orang Mukmin di Surga (Bagian ke-2)“.

NB: Mohon maaf, kualitas audio ketika kajian live tidak terlalu bagus, sehingga rekamannya juga kurang begitu bagus. Semoga dapat dimaklumi.

Pembahasan dalam Rekaman Pengajian Kitab Riyadhush Shalihin Ini: Kitab Istighfar (كتَاب الاستغفار)

Bab ke-372: Hal-Hal yang Allah Sediakan bagi Orang-Orang Mukmin di Surga (باب بيان مَا أعدَّ اللهُ تَعَالَى للمؤمنين في الجنة) Bagian ke-3

Dari Al-Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Baca Juga:
Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 947-951 - TPP: "Sedikit tapi Mencukupi Lebih Baik daripada Banyak namun Membuat Lalai, Orang yang Terbaik adalah yang Jujur Lisannya dan Makhmum, dan Seterusnya" (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

سألَ مُوسَى – صلى الله عليه وسلم – رَبَّهُ: ما أدْنَى أهْلِ الجَنَّةِ مَنْزِلَةً؟ قال: هُوَ رَجُلٌ يَجِيءُ بَعْدَ مَا أُدْخِلَ أهْلُ الجَنَّةِ الجَنَّةَ، فَيُقَالُ لَهُ: ادْخُلِ الجَنَّةَ. فَيَقُولُ: أيْ رَبِّ، كَيْفَ وَقَدْ نَزَلَ النَّاسُ مَنَازِلَهُمْ، وأخَذُوا أَخَذَاتِهِمْ؟ فَيُقَالُ لَهُ: أَتَرْضَى أَنْ يَكُونَ لَكَ مِثْلُ مُلْكِ مَلِكٍ مِنْ مُلُوكِ الدُّنْيَا؟ فَيقُولُ: رَضِيْتُ رَبِّ، فَيقُولُ: لَكَ ذَلِكَ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ وَمِثْلُهُ، فَيقُولُ في الخامِسَةِ. رَضِيْتُ رَبِّ، فَيقُولُ: هذَا لَكَ وَعَشَرَةُ أَمْثَالِهِ، وَلَكَ مَا اشْتَهَتْ نَفْسُكَ، وَلَذَّتْ عَيْنُكَ. فَيقُولُ: رَضِيتُ رَبِّ. قَالَ: رَبِّ فَأَعْلاَهُمْ مَنْزِلَةً؟ قالَ: أُولَئِكَ الَّذِينَ أَرَدْتُ؛ غَرَسْتُ كَرَامَتَهُمْ بِيَدِي، وَخَتَمْتُ عَلَيْهَا، فَلَمْ تَرَ عَيْنٌ، وَلَمْ تَسْمَعْ أُذُنٌ، وَلَمْ يَخْطُرْ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ. رواه مسلم

“Musa shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya kepada Rabbnya: “Siapakah di antara penduduk surga yang kedudukannya paling rendah?” Allah menjawab: “Dia adalah seorang laki-laki yang datang setelah semua penduduk surga dimasukkan.” Kemudian, diperintahkan kepadanya: “Masuklah ke dalam surga! Orang itu menjawab: “Wahai Rabbku, bagaimana aku akan masuk, sedangkan orang-orang telah menempati hunian mereka dan telah mengambil kenikmatan (yang telah dipersiapkan untuk mereka)?”

Dia pun ditanya: “Apakah kamu ridha apabila memiliki sebuah kerajaan seperti yang dimiliki oleh salah seorang raja di dunia?” Orang itu menjawab: “Aku ridha, wahai Rabbku.” Allah berfirman: “Itulah untukmu, dan seperti itu pula, dan seperti itu pula, dan seperti itu pula, dan seperti itu pula.” Pada kelima kalinya, laki-laki itu berkata: “Saya telah ridha, wahai Rabbku.” Allah berkata lagi: “Ini untukmu dan sepuluh kali lipatnya lagi. Bagimu apa yang diinginkan oleh jiwamu dan disenangi oleh matamu.” Ia pun berkata: “Aku telah ridha, wahai Rabbku.”

Baca Juga:
Bab Durhaka Kepada Orang Tua Adalah Dosa Besar Yang Paling Besar

Musa berkata: “Wahai Rabbku, siapakah di antara mereka yang kedudukannya paling tinggi?” Allah berkata: “Mereka adalah orang-orang yang telah Aku kehendaki (pilih). Aku menanamkan kemuliaan kepada mereka dengan tangan-Ku, lalu Aku menjaganya. Oleh karena itu, dan belum pernah terbesit di dalam hati siapa pun.”” (HR Muslim)

Silakan simak penjelasan selengkapnya pengajian kitab Riyadhush Shalihin bersama Asy-Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr hafidzahullah. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Syarah Riyadhush Shalihin – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Hal-Hal yang Allah Sediakan bagi Orang-Orang Mukmin di Surga

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download pengajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.