Masjid Al-Barkah

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Sepak-Terjang Kaum Musyrikin dalam Menghambat Dakwah Rasulullah – Bagian ke-3 – dan Hijrah ke Habasyah yang Pertama – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Mei 2017 pukul 4:34 pm

Tautan: http://rodja.id/18l

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/customer/www/radiorodja.com/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 4233

Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/customer/www/radiorodja.com/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 4233

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Download rekaman ceramah agama dari program Faedah-Faedah Sirah Nabawiyah bersama Ustadz Ali Musri, M.A. di Radio Rodja. Pertemuan sebelumnya, kita telah sampai pada pembahasan Sepak-Terjang Kaum Musyrikin dalam Menghambat Dakwah Rasulullah (Bagian ke-2). Dan pada pertemuan yang live pada Jumat pagi, 30 Rajab 1435 / 30 Mei 2014, kita berlanjut pada ““. Silakan download untaian kisah Sirah Nabawiyah ini yang disertai penjelasan faedah-faedah yang dapat kita petik darinya.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Kisah Sepak-Terjang Kaum Musyrikin dalam Menghambat Dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam (Bagian ke-3)

Pelajaran yang harus kita lihat dari perjuangan para sahabat, di mana yang telah dijelaskan pada pertemuan yang berlalu telah dijelaskan bagaimana kondisi sahabat-sahabat, budak-budak, ataupun dari keluarga-keluarga yang tidak memiliki qabilah berjumlah besar yang mereka disiksa, ini menunjukkan kuatnya sahabat mempertahankan keIslamannya.

Ini juga pelajaran bagi kita sebagai seorang Muslim, bagaimana mempertahankan iman itu tidak mudah digoyahkan hanya oleh secuil kesenangan duniawi: pangkat, harta, kedudukan, dan ketenaran. Oleh sebab itu, bagaimana para sahabat dengan ancaman dan rayuan yang bermacam-macam, tetapi mereka tetap kuat memegang aqidah mereka.

Bilal bin Rabah, dia adalah budak bagi ‘Umayyah bin Khalaf. ‘Umayyah memasang tali di leher Bilal bin Rabah, kemudian tali itu diserahkan kepada anak-anak kecil yang mereka tarik-tarik, diperlakukanlah Bilal bagaikan binatang ternak mereka, yang Bilal tetap saja mengatakan, “Ahad… Ahad…” Kemudian juga, kadang-kadang Bilal diadzab oleh ‘Umayyah bin Khalaf di tengah panas yang begitu terik, di atas pasir yang begitu panas, yang mana di Jazirah Arab, panasnya luar biasa, bahkan melebihi 50 derajat Celcius. Kemudian Bilal disiksa di atas pasir begitu panas; punggungnya beralaskan pasir yang panas, kemudian di atas dadanya ditaruh batu yang besar yang panas, sebagaimana disebutkan di kitab-kitab tarikh.

Dst.

Kisah Hijrah ke Habasyah yang Pertama

[35:51]
Semakin kuatnya siksaan dan beratnya ancaman, akhirnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengizinkan para sahabat hijrah ke Habasyah. Ini adalah solusi juga (yaitu faedah yang kita dapat petik dari kisah ini), yang mana bila kondisi kaum Muslimin di suatu negeri yang mana dia tidak aman di negeri itu, maka dia boleh berhijrah, terutama ke negeri Islam. Tetapi aneh dan sangat mirisnya ketika negeri-negeri Islam tidak memperhatikan saudara-saudara seiman, maka jika tidak ada negeri Islam yang siap menerima (yang sebetulnya itu kewajiban negeri Islam untuk menyelamatkan mereka), mereka bisa berhijrah ke negeri-negeri kafir yang lebih aman, yang tidak mengganggu mereka dan tidak mengintimidasi mereka, sebagaimana yang dialami oleh para sahabat ketika mereka diintimidasi di kota Mekkah, mereka diizinkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk berhijrah ke Habasyah.

Untaian kisah yang mengharu biru dari cuplikan-cuplikan kisah disiksanya para sahabat, seperti ‘Ammar bin Yasir, Bilal bin Rabah, dst yang membuat kita berdecak kagum sekaligus miris dan sedih memperhatikan kisah mereka dalam mempertahankan agamanya. Download rekaman ceramah agama seputar kisah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang ditemani setia oleh para sahabatnya sekarang juga.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Sepak-Terjang Kaum Musyrikin dalam Menghambat Dakwah Rasulullah (Bagian ke-3) dan Hijrah ke Habasyah yang Pertama – Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Share yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga semakin banyak Muslimin yang dapat mempelajari sejarah hidup Nabi Muhammad agar dapat semakin mencintainya dan agama yang dibawa beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.