Telegram Rodja Official

Shahiih At-Targhiib wa At-Tarhiib

Anjuran untuk Berwudhu dan Menyempurnakannya dan Seterusnya – Kitab Shahih Targhib wa Tarhib (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 6:05 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 19 Desember 2014 pukul 2:50 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=9103

Kajian oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian khusus Muslimah yang rutin diselenggarakan di Masjid Al-Barkah dan disiarkan secara live pada Kamis sore, 6 Al-Muharram 1436 / 30 Oktober 2014, pukul 16:30-17:30 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dengan pembahasan kitab Shahih Targhib wa Tarhib (صحيح الترغيب والترهيب). Pada pembahasan sebelumnya, pemateri menyampaikan pembahasan mengenai Ancaman dari Menunda Mandi Junub tanpa Udzur dan Anjuran untuk Berwudhu dan Menyempurnakannya, dan kali ini beliau akan melanjutakan ke bab berikutnya, yaitu dengan pembahasan “Anjuran untuk Berwudhu dan Menyempurnakannya dan Seterusnya“. Semoga bermanfaat.

[sc:status-shahih-targhib-wa-tarhib-ustadz-badrusalam-2013]

Kajian Kitab Hadits: Shahih Targhib wa Tarhib: Kitab Thaharah (كتاب الطهارة)

Anjuran untuk Berwudhu dan Menyempurnakannya

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

أنه دعا بماء فتوضأ ثم ضحك فقال لاصحابه ألا تسألوني ما أضحكني فقالوا ما أضحكك يا أمير المؤمنين قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم توضأ كما توضأت ثم ضحك فقال ألا تسألوني ما أضحكك فقالوا ما أضحكك يا رسول الله فقال إن العبد إذا دعا بوضوء فغسل وجهه حط الله عنه كل خطيئة أصابها بوجهه فإذا غسل ذراعيه كان كذلك وإذا طهر قدميه كان كذلك

Baca Juga:
Tidak Menunjuk Hidung Orang Lain dalam Ucapan - Bab 203-205 - Hadist 436-440 - Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Bahwasanya ia meminta air, lalu berwudhu, kemudian ia tertawa, maka Utsman berkata kepada sahabat-sahabatnya: “Kenapa kalian tidak bertanya tentang alasaan aku tertawa?” Maka mereka bertanya: “Apa yang membuat engkau tertawa wahai Amirul Mukminin?” Beliau menjawab: “Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu sebagaimana aku berwudhu, kemudian beliau pun tertawa.” Kemudian beliau bersabda: “Kenapa kalian tidak bertanya kepadaku mengapa aku tertawa?” Maka para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apa yang membuat engkau tertawa?” Beliau pun menjawab: “Sesungguhnya seorang hamba apabila meminta air wudhu lalu ia mencuci wajahnya, maka Allah akan menggugurkan semua kesalahan yang dilakukan oleh wajahnya. Abila ia mencuci dua tangannya maka demikian pula. Ababila ia mencuci kedua kakinya maka demikian pula”.” (HR Ahmad, Abu Ya’la, dan Al-Bazzar)

Dengarkan dan Download Kajian Kitab Hadits Shahih At-Targhib wa At-Tarhib: Anjuran untuk Berwudhu dan Menyempurnakannya dan Seterusnya

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 ÷ 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.