Telegram Rodja Official

Al-Kabaair

Dosa Besar Ketiga Belas dan Keempat Belas: Pemimpin yang Melakukan Penipuan dan Kezaliman kepada Rakyatnya – Bagian ke-3 dan Minum Khamar – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Ahad sore, 23 Al-Muharram 1436 / 16 November 2014 di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Belas (Pemimpin yang Melakukan Penipuan dan Kezaliman kepada Rakyatnya, Bagian ke-2)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Belas dan Keempat Belas (Pemimpin yang Melakukan Penipuan dan Kezaliman kepada Rakyatnya, Bagian ke-3 dan Minum Khamar)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Ketiga Belas dan Keempat Belas

Dosa Besar Ketiga Belas:Pemimpin yang Melakukan Penipuan dan Kezaliman kepada Rakyatnya (Bagian ke-3)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
“Ada tiga orang yang tidak diajak bicara oleh ALlah pada hari kiamat. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan yang di antaranya adalah pemimpin yang pembohong. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalian akan sangat bermabisi terhadap kekuasaan dan ia akan menyebabkan penyesalan di hari kiamat”.” (HR Muslim dari hadits Abu hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Dosa Besar Keempat Belas:Minum Khamar

Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Amanah dalam Menjaga Rahasia dan Menjauhi Sifat Khianat - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنصَابُ وَالأَزْلاَمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ، إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاء فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ اللّهِ وَعَنِ الصَّلاَةِ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (QS Al-Maidah [5]: 90-91)

Pada ayat-ayat di atas Allah Subhanahu wa Ta’ala melarang minum minuman keras atau khamr dan mewanti-wanti hal tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
“Jauhilah oleh kalian khamr, karena ia merupakan biang segala kejahatan.” (HR Muslim dan At-Tirmidzi dari hadits Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu)

Maka barangsiapa yang tidak menjauhinya, berarti ia telah bermaksiat kepada Allah Ta’ala dan RasulNya dan berhak menerima adzab karena kemaksiatan tersebut.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Ketiga Belas dan Keempat Belas

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Baca Juga:
Larangan Mengajak Orang kepada Kesesatan - Ensiklopedi Larangan dalam Islam (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.