Telegram Rodja Official

Syarh Buluughul Maraam

Sifat Shalat Nabi – Bagian ke-12: Hukum Mengeraskan Basmalah dalam Shalat Jahr – Hadits 280 – Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Alhamdulillah, pada kesempatan sebelumnya, kita telah menyelesaikan serial pelajaran Sifat Shalat Nabi dari kitab Bulughul Maram tentang Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-11: Hukum Membaca Al-Fatihah dalam Shalat), yaitu hadits ke-279. Kemudian, walhamdulillah, pada Rabu malam, 25 Shafar 1436 / 17 Desember 2014 di Radio Rodja dan Rodja TV, dapat kita lanjutkan kembali kepada hadits berikutnya, yaitu Hadits ke-280 dengan pembahasan tentang Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-12: Hukum Mengeraskan Basmalah dalam Shalat Jahr).

Program Kajian Kitab Syarah Bulughul Maram - Ustadz Zainal Abidin Syamsudin di Radio Rodja dan RodjaTV

Status program Kajian Kitab Syarah Bulughul Maram: AKTIF. Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap: Rabu malam, pukul 20:00-21:30 WIB.

Daftar Lengkap sekaligus Ralat Seri Sifat Shalat Nabi dari Kitab Bulughul Maram

Mohon maaf, kami melakukan ralat berupa penyesuaian nama file dan ID3, karena beberapa kesalahan pengarsipan yang kami lakukan sebelumnya.

Silakan download ulang sebagian / keseluruhannya, apabila Anda menghendakinya.
1. Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-1: Pengantar)
2. Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-2: Mulai dari Hadits 267)
3. Bagian ke-3 (belum diunggah)
4. Bagian ke-4 (belum diunggah)
5. Bagian ke-5 (belum diunggah)
6. Bagian ke-6 (belum diunggah)
7. Sifat Shalat Nabi - (Bagian ke-7: Anjuran Membaca Ta'awudz saat Shalat) (File / berkas ini adalah yang mengalami ralat.)
8. Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-8: Hadits 274) (File / berkas ini adalah yang mengalami ralat.)
9. Bagian ke-9
10. Bagian ke-10
11. Bagian ke-11
12. Bagian ke-12
13. Bagian ke-13
14. Bagian ke-14


Sesuai dengan keterangan di atas, yang terutama mengalami ralat adalah Bagian ke-7 dan Bagian ke-8. Atau untuk meyakinkan, Anda dapat mengunduh ulang seluruhnya.

Insya Allah, file MP3 lainnya akan kami unggah bertahap.

Baca Juga:
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1353-1359 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ringkasan Ceramah – Kajian Kitab Bulughul Maram: Bab Sifat Shalat Nabi (بَابُ صِفَةِ اَلصَّلَاةِ)

Sifat Shalat Nabi (Bagian ke-12: Hukum Mengeraskan Basmalah dalam Shalat Jahr – Hadits 280)

Kali ini kita akan menyoal tentang hukum mengeraskan “bismillahirrahmanirrahim” pada saat membaca Al-Fatihah di dalam shalat, otomatis di dalam shalat jahriyyah (yang dikeraskan); kalau (di dalam shalat) sirriyyah sudah tidak ada permasalahan. Soal yang berkaitan juga yang nanti kita akan singgung, (yaitu) apakah basmalah itu termasuk Surat Al-Fatihah atau tidak.

Maka hal ini kita akan masuk lewat hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu:

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ كَانُوا يَفْتَتِحُونَ اَلصَّلَاةِ بِـ (اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, dan ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dahulu membuka shalat dengan membaca “Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin.” (Muttafaqun ‘alaih)

Ayo kita simak pembahasan mendalam dari hadits tentang bacaan basmalah dalam shalat, agar kita dapat semakin mendalami tentang tata cara shalat berdasarkan dalil dari Al-Quran dan Al-Hadits yang shahih.

Download Kajian Kitab Bulughul Maram: Sifat Shalat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam (Bagian ke-12: Hukum Mengeraskan Basmalah dalam Shalat Jahr – Hadits 280)

Mari kita share ceramah agama Islam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+

Baca Juga:
Tata Cara Sujud dan Posisinya - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.