Telegram Rodja Official

Shahiih At-Targhiib wa At-Tarhiib

Hadits tentang Anjuran untuk Menghormati Para Ulama dan Seterusnya – Kitab Shahih Targhib wa Tarhib (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 5:40 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 19 Desember 2014 pukul 2:55 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5611

Kajian oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Rekaman kajian ini adalah dari kajian khusus Muslimah yang diselenggarakan di Masjid Al-Barkah yang live pada Selasa sore, 7 Jumadats Tsani 1435 / 8 April 2014, pukul 16:30-17:30 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV. Dengan pembahasan kitab Shahih Targhib wa Tarhib (صحيح الترغيب والترهيب). Pada pembahasan sebelumnya, pemateri menyampaikan pembahasan mengenai Hadits tentang Anjuran untuk Pergi Menuntut Ilmu dan Seterusnya, dan kali ini beliau akan menambah sedikit dari pembahasan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan Hadits tentang Anjuran untuk Menghormati Para Ulama dan seterusnya. Semoga bermanfaat.

[sc:status-shahih-targhib-wa-tarhib-ustadz-badrusalam-2013]

Kajian Kitab Hadits: Shahih Targhib wa Tarhib: Kitab Ilmu (كتاب العلم)

Hadits tentang Anjuran untuk Menghormati Para Ulama (الترغيب في إكرام العلماء وإجلالهم والترهيب من إضاعتهم وعدم المبالاة بهم)

[10:57]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ مِنْ إِجْلاَلِ اللَّهِ إِكْرَامَ ذِى الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ وَحَامِلِ الْقُرْآنِ غَيْرِ الْغَالِى فِيهِ وَالْجَافِى عَنْهُ وَإِكْرَامَ ذِى السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ. رواه أبو داود

“Sesungguhnya termasuk pengagungan kepada Allah adalah dengan menghormati seorang muslim yang lebih tua, dan para penghafal Al-Quran yang tidak berlebih-lebihan dan tidak meremehkan, serta menghormati pemimpin yang adil.” (HR Abu Dawud)

Baca Juga:
Penjelasan tentang Ziyadatuts Tsiqah - Kitab Nukhbatul Fikr (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْبَرَكَةُ مَعَ أَكَابِرِكُمْ. رواه الطبراني

“Keberkahan itu ada bersama para ulama.” (HR Ath-Thabrani)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيَعْرِفْ حَقَّ كَبِيرِنَا. رواه الحاكم

“”Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi orang yang lebih muda, dan tidak mengetahui hak-haknya para ulama.” (HR Al-Hakim)
Dst.

Download Kajian Kitab Hadits Shahih At-Targhib wa At-Tarhib

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 1 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.