Telegram Rodja Official

Bab Ancaman dari Mengklaim dan Mengaku Paling Berilmu serta Bab Ancaman dari Berjidal dan Debat Kusir – Kitab Shahih Targhib wa Tarhib (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 5:40 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 27 Shafar 1436 / 19 Desember 2014 pukul 2:55 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6695

Kajian oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian khusus Muslimah yang rutin diselenggarakan di Masjid Al-Barkah dan disiarkan secara live pada Selasa sore, 27 Rajab 1435 / 27 Mei 2014, pukul 16:30-17:30 WIB di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dengan pembahasan kitab Shahih Targhib wa Tarhib (صحيح الترغيب والترهيب). Pada pembahasan sebelumnya, pemateri menyampaikan pembahasan mengenai Bab Ancaman bagi Orang yang Berilmu namun Tidak Mengamalkan Ilmunya, dan kali ini beliau akan melanjutakan ke bab berikutnya, yaitu dengan pembahasan Bab Ancaman dari Mengklaim dan Mengaku Paling Berilmu serta Bab Ancaman dari Berjidal dan Debat Kusir. Semoga bermanfaat.

Program Kajian Kitab Shahih At-Targhib wa At-Tarhib - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
PINDAH JAM TAYANG KE:

Kamis sore, 16:30-17:30 WIB



Status program Kajian Kitab Shahih Targhib wa Tarhib: AKTIF

Silakan bagi kaum Muslimah yang ingin mengikuti kajian ini dapat hadir di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor
Baca Juga:  Bab Anjuran untuk Menjaga Iman dan Ilmu dan Seterusnya - Hadits 87-88 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Kajian Kitab Hadits: Shahih Targhib wa Tarhib: Kitab Ilmu (كتاب العلم)

Bab Ancaman dari Mengklaim dan Mengaku Paling Berilmu tentang Suatu Ilmu dan Al-Qur’an (الترهيب من الدعوى في العلم والقرآن)

Dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

قام موسى صلى الله عليه وسلم خطيبا في بني إسرائيل فسئل أي الناس أعلم فقال أنا أعلم فعتب الله عليه إذ لم يرد العلم إليه فأوحى الله إليه أن عبدا من عبادي بمجمع البحرين هو أعلم منك قال يا رب كيف به فقيل له احمل حوتا في مكتل فإذا فقدته فهو ثم

Nabi Musa shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkhutbah pada bani Israil, lalu ditanya: “Siapakah manusia yang paling berilmu?”, maka beliau menjawab: “Aku yang paling berilmu”. Maka Allah pun menegur Nabi Musa karena tidak menyerahkan ilmunya kepada Allah. Maka Allah pun mewahyukan kepada Nabi Musa: “Sesungguhnya ada seorang hambaKu di sebuah tempat yang berkumpul dua lautan di sana, ia lebih berilmu darimu.” Maka Nabi Musa bertanya: “Ya Allah bagaimana aku bisa bertemu dengannya?”, lalu dikatakan kepadanya: “Bawalah ikan di dalam sebuah bejana, apabila kamu kehilangan ikan tersebut, maka di sanalah kamu akan bertemu dengannya (Nabi Khidir).”

Baca Juga:  Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1329-1335 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Dan seterusnya…..

Ancaman dari Berjidal dan Debat Kusir (الترهيب من المراء والجدال والمخاصمة والمحاججة)

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من ترك المراء وهو مبطل بني له بيت في ربض الجنة ومن تركه وهو محق بني له في وسطها ومن حسّن خلقه بني له في أعلاها

“Barangsiapa meninggalkan debat kusir dan dia di pihak yang salah, akan dibangunkan baginya rumah di pinggiran surga. Dan barangsiapa yang meninggalkan debat kusir dan ia di pihak yang benar, akan dibangunkan baginya rumah di tengah surga. Dan barangsiapa yang memperbagus akhlaknya akan dibangun baginya di surga yang paling tinggi.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi)

Baca Juga:  Bab Kufur kepada Suami dan Kufur di Bawah Kekufuran - Hadits 29 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن أبغض الرجال إلى الله الألد الخصم

“Sesungguhnya orang yang paling dibenci oleh Allah adalah yang sangat suka berdebat dan yang kasar dan keras sifatnya.” (HR Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan An-Nasa’i)

Dan seterusnya…..

Dengarkan dan Download Kajian Kitab Hadits Shahih At-Targhib wa At-Tarhib: Bab Ancaman dari Mengklaim dan Mengaku Paling Berilmu tentang Al-Qur’an serta Bab Ancaman dari Berjidal dan Debat Kusir

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.