Select Page

Kategori: Kaidah Fiqih – Mandzuumah Ushuulil Fiqhi wa Qawaa’idihi

Kaidah Fiqih: Kaidah Muthlaq dan Muqayyad – Bait 102 – Bagian ke-2 hingga Bait 103 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih dari segi lughawiyyah: “Kaidah Muthlaq dan Muqayyad”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait 102 Bagian ke-2 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, dan dilanjutkan kepada penjelasan bait 103.

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 23 Oktober 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Pengkhususan Lafadz yang Umum dengan Lafadz yang Khusus – Bait 102 – Bagian ke-1 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih dari segi lughawiyyah: “Pengkhususan Lafadz yang Umum dengan Lafadz yang Khusus”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-102 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 16 Oktober 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: ‘Ibrah / Pelajaran itu Diambil dari Keumuman Lafadz Bukan dari Kekhususan Sebab – Bait 100-101 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih dari segi lughawiyyah: “‘Ibrah / Pelajaran itu Diambil dari Keumuman Lafadz Bukan dari Kekhususan Sebab”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-100-101 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 25 September 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Isim Nakirah dan Penggunaannya – Bait 98-99 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih dari segi lughawiyyah: “Isim Nakirah dan Penggunaannya”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-98-99 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan mengenai tema ini? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 18 September 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Lafadz-Lafadz Umum Berserta Maknanya – Bait 97 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih: “Lafadz-Lafadz Umum Berserta Maknanya”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-97 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan dan penerapan kaidah fiqih ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 4 September 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Makna Lafadz “Kaana”, Penggunaan dan Fungsinya – Bait 96 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Kajian ilmiah yang membahas tentang kaidah fiqih: “Makna Lafadz “Kaana”, Penggunaan dan Fungsinya”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-96 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan dan penerapan kaidah fiqih ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 28 Agustus 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Seluruh Apa yang Terpisah dari Anggota Tubuh Makhluk, maka Hukum Kesucian dan Kehalalannya Sama Seperti Bangkainya – Bait 95 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Salah suatu kaidah fiqih yang sangat penting untuk kita ketahui bersama adalah kaidah yang berbunyi: “Seluruh Apa yang Terpisah dari Anggota Tubuh Makhluk, maka Hukum Kesucian dan Kehalalannya Sama Seperti Bangkainya”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-95 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Beberapa contoh dari penerapan kaidah ini di antaranya adalah:
– Apabila ada anggota tubuh seseorang terpotong dan ia masih hidup, maka potongan anggota tubuh tersebut suci, namun hukum memakannya haram. Hal ini karena bangkai manusia itu suci, namun haram jika dimakan.
– Apabila ada bagian tubuh dari belalang yang terpotong, maka bagian yang terpotong itu suci dan halal dimakan. Hal itu karena bangkai belalang itu suci dan halal dimakan.
– Apabila sebagian anggota tubuh dari tikus terpotong, maka bagian yang terpotong tersebut najis dan haram dimakan. Karena bangkai tikus itu hukumnya najis dan haram dimakan.

Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 21 Agustus 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Orang yang Berhak Mendapatkan Sanksi, Kemudian Sanksi itu Gugur karena Ada Suatu Alasan, maka Ia Dikenakan Denda dan Dendannya Dilipat Gandakan – Bait 93-94 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Salah suatu kaidah fiqih yang sangat penting untuk kita ketahui bersama adalah kaidah yang berbunyi: “Orang yang Berhak Mendapatkan Sanksi, Kemudian Sanksi itu Gugur karena Ada Suatu Alasan, maka Ia Dikenakan Denda dan Dendannya Dilipat Gandakan”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-93-94 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan dan penerapan kaidah fiqih ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 17 Juli 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Orang yang Menyegerakan Sesuatu Sebelum Waktunya, maka Diberi Sanksi untuk Tidak Mendapatkannya – Bait 92 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Salah suatu kaidah fiqih yang sangat penting untuk kita ketahui bersama adalah kaidah yang berbunyi: “Orang yang Menyegerakan Sesuatu Sebelum Waktunya, maka Diberi Sanksi untuk Tidak Mendapatkannya”. Kaidah ini merupakan penjelasan dari bait ke-92 dari kitab Mandzumah Ushulil Fiqhi wa Qawaidihi karya Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Bagaimana penjelasan dan penerapan kaidah fiqih ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 10 Juli 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Kaidah Fiqih: Apabila Tidak Bisa Kembali kepada Keyakinan, maka Kita Harus Kembali kepada Dzhan / Persangkaan yang Kuat dan Kaidah dalam Undian – Bait 90-91 (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

Salah suatu kaidah fiqih yang sangat penting untuk kita ketahui bersama adalah kaidah yang berbunyi: “Apabila Tidak Bisa Kembali kepada Keyakinan, maka Kita Harus Kembali kepada Dzhan / Persangkaan yang Kuat dan Kaidah dalam Undian”. Bagaimana penjelasan dan penerapan kaidah fiqih ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Silakan download dan simak pemaparannya di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc., pada hari Kamis, 3 Juli 2014. Semoga bermanfaat.

Read More

Waktu

Jakarta:
Mekkah:

Radio Streaming

Server Internasional High Quality
Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 645 | Maksimal: 3072

Server Internasional Low Quality
Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 25 | Maksimal: 3072

Server Indonesia High Quality
Status: ONLINE | Bitrate: 128 kbps | Pendengar: 77 | Maksimal: 2000

Server Indonesia Low Quality
Status: ONLINE | Bitrate: 24 kbps | Pendengar: 8 | Maksimal: 2000

Audio RodjaTV High Quality
Status: ONLINE | Bitrate: 130 kbps | Pendengar: 19 | Maksimal: 2000

Jadwal Acara

Jadwal Hari Jum'at

00:00 — 01:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

01:00 — 02:00 AsatidzKajian TematikRekaman

02:00 — 05:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

05:30 — 07:00 Ustadz Dr. Muhammad Nur IhsanTajriidut Tauhid Al MufiidLIVE dari Jember

07:00 — 07:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

07:30 — 08:00 Resensi Buku

08:00 — 09:00 Ustadz Dr. Ali Musri Semjan PutraFaedah-faedah Sirah NabawiyahLIVE dari Jember

09:00 — 10:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

10:00 — 11:00 Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al 'Abbad Al BadrAl Kabaa'irRekaman

12:00 — 13:00 AsatidzKhutbah Jum'atLIVE dari Masjid Al Barkah Cileungsi

13:00 — 14:30 Ustadz Abu Yahya Badrusalam, LcMusthalah HaditsLIVE dari Studio Rodja TV

14:30 — 15:00 Resensi Buku

15:00 — 16:30 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

16:30 — 18:00 Ustadz Abu Haidar As SundawyQoulul MufidLIVE dari Masjid Al Furqon, Jl. Jurang - Bandung

18:00 — 19:00 Ustadz Mahfudz Umri, Lc.Ensiklopedi LaranganLIVE dari Masjid Al Barkah Cileungsi

19:00 — 20:00 Resensi Buku

20:00 — 21:30 Ustadz Mas'ud Mahmud, Lc.Bimbingan Bahasa Arab Jilid 3LIVE dari Studio Rodja TV

21:30 — 22:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

22:00 — 23:30 Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.Kajian TematikRekaman

23:30 — 00:00 Murottal, Bumper, Mutiara Nasihat

Arsip